0

10 Rekomendasi Film Oktober 2016

Dari 'Munafik', 'Bridget Jones's Baby', 'Doctor Strange', 'Jack Reacher: Never Go Back' hingga 'Catatan Dodol Calon Dokter', UlasanPilem telah menyusun 10 rekomendasi film yang akan tayang di bioskop Oktober ini.

Bulan Oktober identik dengan Halloween, dan tentu saja bulan ini akan diisi oleh beberapa film horor. Salah satunya adalah film horor fenomenal dari negeri sebelah. Namun bagi anda penggila blockbuster, jangan kecewa dulu. Sebab Oktober tetap punya sajian tersebut. Ada pula film animasi, superhero (pastinya), anime serta dokumenter band legendaris.

Kategori film lokal diisi dengan pilihan yang tak kalah variatif. Mulai dari film horor, drama keluarga, romance remaja, hingga komedi bertema kedokteran.

Mari kita lihat apa saja rekomendasi UlasanPilem di bulan ini. Perlu diingat bahwa rekomendasi ini bersifat subyektif dan referensinya saya susun berdasarkan faktor eksternal film. Tentunya, saya tak bisa menjamin kualitas film yang direkomendasikan sebelum ditonton.

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Penayangan tergantung distributor film, jadi saya tak bisa memberikan tanggal pasti. Untuk melihat jadwal tayang pasti silakan klik disini.

Baiklah, berikut daftar rekomendasi bulan ini.

* = Top Recommendations


#01 Munafik

Tayang: 5 Oktober

Merupakan film horor produksi Malaysia, Munafik adalah film Melayu terlaris sepanjang masa tak hanya di kampung halamannya, namun juga di Brunei dan Singapura . Menilik kesuksesannya disana dan didukung kehebohan di media sosial, MD Pictures memboyong filmnya untuk ditayangkan di layar lokal. Saya mengerti keputusan ini. Filmnya yang mengangkat tema islami memang sangat cocok dengan latar belakang masyarakat Indonesia yang mayoritas adalah muslim.

Munafik merupakan film kedua dari sutradara Syamsul Yusof yang sekaligus bermain sebagai tokoh utama disini. Ceritanya mengenai seorang ustad yang dimintai tolong untuk merukyah seorang wanita, sementara ia sendiri harus berkutat dengan kesedihan karena kematian sang istri. Kabarnya, Syamsul melakukan riset selama 2 bulan agar konten filmnya tak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

Sutradara Syamsul Yusof
Pemain Syamsul Yusof, Nabila Huda, Fizz Fairuz


#02 Ben-Hur

Tayang: 5 Oktober

Ini dia satu lagi judul yang termasuk dalam daftar panjang remake kontemporer dari Hollywood. Well, sebenarnya Ben-Hur versi 2016 adalah adaptasi film kelima sih. Paramount sendiri mengklaim bahwa film ini adalah reinterpretasi, bukan remake. Yang manapun, tetap saja kita tak bisa untuk tak tergoda untuk membandingkannya dengan versi 1959 yang memenangkan 11 Oscar.

Namun perlu diingat bahwa film ini disutradarai oleh Timur Bekmambetov (Wanted, Abraham Lincoln: Vampir Hunter) yang sudah menjadi indikasi kuat bahwa filmnya takkan mencapai level yang sama dengan pendahulunya. Film ini sudah tayang sejak dua bulan lalu di Amerika dan gagal total secara komersial. Ekspektasi saya tak tinggi. Saya hanya berharap film ini menjadi popcorn blockbuster yang seru. Mungkinkah Bekmambetov bisa menciptakan sekuens yang mengalahkan adegan balapan kereta kuda yang epik itu? Entahlah. Dengan bantuan CGI, semua menjadi mungkin.

Sutradara Timur Bekmambetov
Pemain Jack Huston, Toby Kebbell, Rodrigo Santoro


#03 Wonderful Life *

Tayang: 13 Oktober

Wonderful Life mungkin merupakan karya debut dari sutradara Agus Makkie. Tapi coba tengok siapa yang mendukungnya dari balik layar. Di posisi produser ada Angga Dwimas Sasongko (Cahaya dari Timur, Filosofi Kopi, Surat dari Praha), sedangkan naskah ditulis oleh Jenny Jusuf yang pernah memenangkan Piala Citra untuk skenario adaptasi terbaik bagi film Filosofi Kopi.

Diangkat dari novel berjudul sama, Wonderful Life dibintangi oleh Atiqah Hasiholan sebagai Amalia, seorang ibu yang anaknya adalah penderita disleksia. Tak hanya berurusan dengan hal tersebut, Amalia juga harus berkutat dengan konflik batin dan traumanya sendiri. Sinopsisnya ditutup dengan kalimat: "kemungkinan terburuknya: kehilangan Aqil". Expect a lot of tearjerking moments.

Sutradara Agus Makkie
Pemain Atiqah Hasiholan, Sinyo


#04 The Accountant

Tayang: Oktober

The Accountant awalnya direncanakan rilis pada Januari 2017, bulan yang biasanya menjadi jadwal "pembuangan" film-film murahan. Warner Bros tampaknya cukup pede dengan film ini sehingga mengganti jadwal tayangnya ke bulan Oktober yang notabene merupakan awal dari awards season. Mungkinkah filmnya sebagus itu?

Ben Affleck bermain sebagai Christian Wolff, seorang ahli matematik yang memilih pekerjaan sebagai akuntan forensik bagi organisasi kriminal. Saya tak tahu apa artinya "akuntan forensik" namun melihat posternya dimana Affleck menenteng senapan serta sinopsis yang menyertakan "involves millions of dollars, the body count starts to rise", saya yakin filmnya akan menjadi drama kriminal yang brutal.

Sutradara Gavin O'Connor
Pemain Ben Affleck, Anna Kendrick, J.K. Simmons


#04 Bridget Jones's Baby *

Tayang: Oktober

Terlepas dari kualitasnya, dua film Bridget Jones sebelumnya sukses besar di box office. Bridget Jones mengumpulkan total $282 juta, sementara Bridget Jones: Edge of Reason meraup $260 juta. Dengan respon kritikus yang hampir sepositif film pertamanya, Bridget Jones's Diary siap menuai kesuksesan komersial yang sama. Hingga saat ini saja (1 bulan penayangan), filmnya telah memperoleh $120 juta.

Renee Zelweger dan Colin Firth kembali bermain sebagai Bridget dan Mark Darcy. Yang membawa konflik kali ini bukan lagi Hugh Grant melainkan Patrick Dempsey yang memerankan karakter Jack Qwant, pria yang kemungkinan merupakan ayah kandung dari (calon) bayi Bridget.

Sutradara Sharon Maguire
Pemain Renee Zellweger, Colin Firth, Patrick Dempsey


#05 Jack Reacher: Never Go Back

Tayang: Oktober

Apapun karakternya, entah itu Ethan Hunt atau Jack Reacher, saya selalu melihat Tom Cruise sebagai Tom Cruise. Dan saat saya melihat nama Tom Cruise di poster film, saya selalu menduga bahwa filmnya akan menampilkan adegan aksi dan stunt spektakuler yang dibawakan sendiri oleh Tom Cruise. Film pertama Jack Reacher mungkin tak terlalu seperti itu, namun jika trailernya tak menipu, Jack Reacher: Never Go Back akan menjadi wadah bagi Cruise untuk kembali gila-gilaan.

Masih diangkat dari novel karya Lee Child, Jack Reacher awalnya mengunjungi markas militernya dulu, tapi ia malah dituduh sebagai pembunuh anak di bawah umur. Dalam film ini, kursi sutradara yang ditinggalkan oleh Christopher McQuarrie (yang hanya bertindak sebagai produser) diambil alih oleh Edward Zwick. Ini akan menjadi kolaborasi kedua antara Zwick dan Cruise setelah The Last Samurai.

Sutradara Edward Zwick
Pemain Tom Cruise, Cobie Smulders, Patrick Heusinger


#06 Inferno

Tayang: Oktober

Saya adalah salah satu dari segelintir orang yang mungkin sangat menantikan saga terbaru dari ahli simbol, Robert Langdon setelah The Da Vinci Code dan Angels & Demons. Saya tahu, petualangannya terlibat dalam berbagai konspirasi besar seperti Illuminati, Opus Dei atau Freemason agak-agak menggelikan. Namun, sungguh menarik melihat Langdon (dan teman-temannya) berlarian keliling dunia dengan ekspresi superserius memecahkan berbagai kode dan misteri.

Kekecewaan saya karena buku ketiganya, The Lost Symbol tak difilmkan, sedikit terobati dengan kembalinya kru inti dalam film ini. Tom Hanks kembali bermain sebagai karakter utama, sementara Ron Howard masih duduk di kursi sutradara. Ikut bermain Felicity Jones, Omar Sy dan Irrfan Khan.

Sutradara Ron Howard
Pemain Tom Hanks, Felicity Jones, Irrfan Khan


#07 The Beatles: Eight Days a Week - The Touring Years *

Tayang: Oktober

Inferno bukan satu-satunya dari sutradara Ron Howard yang dirilis bulan ini. Ada film dokumenter dari The Beatles yang berjudul The Beatles: Eight Days a Week - The Touring Years. Film ini menyoroti karir mereka dari tahun 1962 hingga 1966, dimulai dari penampilan mereka di klub Cavern, Liverpool hingga konser terakhir mereka di San Fransisco.

Dalam proses produksinya, Howard juga bekerjasama langsung dengan dua personil yang masih tersisa: Paul McCartney dan Ringo Starr serta istri John Lennon, Yoko Ono dan istri George Harrison, Olivia Harrison. Jika alasan nostalgia dengan salah salah satu band terbesar di dunia ini belum cukup meyakinkan anda untuk menonton, perlu diingat bahwa film ini mendapat nilai RottenTomatoes "96%".

Sutradara Ron Howard
Pemain The Beatles


#08 Catatan Dodol Calon Dokter

Tayang: 27 Oktober

Melihat trailernya yang terkesan generik, awalnya saya tak tahu kenapa hype Catatan Dodol Calon Dokter begitu tinggi di media sosial. Mungkinkah karena filmnya diisi oleh bintang-bintang manis seperti Adipati Dolken dan Tika Bravani? Namun, ternyata produksinya tak main-main. Gugel memberitahu saya bahwa film ini merupakan ko-produksi dari Radikal Films dan CJ Entertainment (dari Korea) yang dikabarkan berniat merilis filmnya di beberapa pasar luar negeri. Film yang disingkat menjadi CADO CADO ini juga terpilih untuk tayang pada Tokyo International Film Festival 2016.

Sutradaranya adalah Ifa Ifansyah, sutradara yang filmografinya sebagian besar diisi film serius seperti Sang Penari, 9 Summers 10 Autumns, Pendekar Tongkat Emas, dan Pesantren Impian. Diangkat dari novel laris, tak perlu diperdebatkan lagi bahwa bukunya ditulis oleh calon dokter. Syuting film dilakukan di RS Siloam Semanggi dan kabarnya, tim medis dari rumah sakit tersebut ikut terjun langsung sebagai konsultan agar elemen medisnya akurat.

Sutradara Ifa Ifansyah
Pemain Adipati Dolken, Tika Bravani, Aurellie Moeremans


#09 Doctor Strange

Tayang: Oktober

Dalam episode "eksperimen" Marvel kali ini, ada Doctor Strange, superhero paling mistis yang pernah tampil di layar lebar. Sejauh ini, produk coba-coba dari Marvel tak pernah gagal, bahkan film dengan konsep aneh semacam Ant-Man dan Guardians of the Galaxy pun cukup sukses.

Dalam membangun Cinematic Universe-nya, Marvel paling bisa untuk urusan memilih deretan pemainnya. Lihat saja nama-nama top seperti Benedict Cumberbatch, Chiwetel Ejiofor, Rachel McAdams, Mads Mikkelsen dan Tilda Swinton, yang kemungkinan besar tak pernah anda duga akan bermain dalam film superhero. Sebagaimana terlihat dari trailernya yang memusingkan dan dreamy ala Inception, film ini setidaknya akan menawarkan sajian visual yang berbeda dari film Marvel yang sudah-sudah.

Sutradara Scott Derrickson
Pemain Benedict Cumberbatch, Chiwetel Ejiofor, Rachel McAdams


#10 Trolls

Tayang: Oktober

Trolls (mungkin) merupakan satu-satunya film animasi yang dirilis bulan ini. Bahkan, Indonesia mendapat keistimewaan menjadi salah satu negara dengan jadwal perilisan yang lebih awal dari Amerika, yang baru akan tayang pada November mendatang. Boleh jadi, film ini akan menghasilkan franchise baru bagi Dreamworks, setelah Shrek, Madagascar, How to Train Your Dragon dan Kung Fu Panda.

Film yang diangkat dari boneka yang sempat populer di era 80-an ini akan mengambil ranah musikal, sehingga, tentu saja, deretan pemainnya diisi oleh aktor yang juga akrab dengan dunia musik. Anna Kendrick (dari Pitch Perfect) dan Justin Timberlake (saya tak perlu menjelaskan siapa ini) akan berperan sebagai karakter utama. Ikut bermain pula musisi seperti Gwen Stefani, Meg DeAngelis dan Icona Pop.

Sutradara Mike Mitchell, Walt Dohrn
Pemain Anna Kendrick, Justin Timberlake, Zooey Deschanel


Bulan ini (kemungkinan) akan tayang pula film horor Blair Witch dari sutradara Adam Wingard, thriller Snowden dari Oliver Stone, film fantasi Mandarin A Chinese Odyssey: Part Three, film Bollywood Mirzya, horor-komedi Yoga Hosers dari Kevin Smith, serta anime Crayon Shin-chan: Fast Asleep! Dreaming World Big Assault!.

Selain film di atas, film-film seperti misteri-thriller The Girl on the Train yang dibintangi Emily Blunt, drama historis Birth of a Nation dari Nate Parker, komedi Keeping Up with the Joneses yang dibintangi Gal Gadot dan Zach Galifianakis, serta beberapa film festival seperti Moonlight, In the Valley of Violence dan Certain Women juga dirilis bulan ini di Amerika. Namun kemungkinan besar belum akan rilis disini dalam waktu dekat.

Film lokal lain yang juga akan tayang diantaranya Humor Baper, Ada Cinta di SMA, Sunya, Pinky Promise, Me vs Mami, dan Dear Love..

Sekian rekomendasi film bulan ini. Jika ada film yang terlewatkan atau anda mempunyai rekomendasi yang tak saya cantumkan disini, silakan dimasukkan ke kolom komentar di bawah.

Jadi apa saja film yang akan anda tonton bulan ini? Silakan berkomentar di bawah. ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top