0

10 Rekomendasi Film November 2016

Dari 'Ouija: Origin of Evil', 'Terpana', 'Fantastic Beasts' hingga 'Moana', UlasanPilem telah menyusun 10 rekomendasi film yang akan tayang di bioskop November ini.

Mendekati akhir tahun, bioskop Amerika semakin memanas dengan perilisan film-film yang siap bersaing pada awards season mendatang. Tak ketinggalan pula, beberapa film blockbusters yang sudah siap memecahkan rekor box office. Namun jangan kecewa dulu rekan-rekan penonton lokal, kita takkan kekurangan tontonan bulan ini meski memang tak sebanyak bioskop Amerika.

Setelah akhir bulan lalu bioskop disesaki dengan penonton Doctor Strange, bulan ini kemungkinan kita juga bakal mengantri gara-gara spinoff Harry Potter. Ada pula sekuel dari salah satu film horor, animasi dari Disney, drama hingga film perang.

Mari kita lihat apa saja rekomendasi UlasanPilem di bulan ini. Perlu diingat bahwa rekomendasi ini bersifat subyektif dan referensinya saya susun berdasarkan faktor eksternal film. Tentunya, saya tak bisa menjamin kualitas film yang direkomendasikan sebelum ditonton.

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Penayangan tergantung distributor film, jadi saya tak bisa memberikan tanggal pasti. Untuk melihat jadwal tayang pasti silakan klik disini.

Baiklah, berikut daftar rekomendasi bulan ini.

* = Top Recommendations


#01 Cafe Society

Tayang: 2 November

Di usianya yang senja, Woody Allen tetap menjadi salah satu sutradara paling produktif, meski kuantitas filmnya tak selalu sejalan dengan kualitas. Setelah Magic in the Moonlight dan Irrational Man yang direspon so-so oleh kritikus (masing-masing mendapat nilai RottenTomatoes "52%" dan "42%"), performa Allen kembali naik melalui Cafe Society. Meski tak sekuat Midnight in Paris dan Blue Jasmine, film ini direspon dengan cukup baik dengan nilai RottenTomatoes "73%".

Jesse Eisenberg bermain sebagai pemuda yang pindah ke Los Angeles dan tinggal bersama pamannya (Steve Carrell), namun kemudian ia malah jatuh cinta pada sekretaris sang paman (Kristen Stewart). Cafe Society premier pada Cannes Film Festival beberapa waktu yang lalu. Cukup mengejutkan ada distributor lokal yang memboyong film ini.

Sutradara Woody Allen
Pemain Jesse Eisenberg, Steve Carrell, Kristen Stewart


#02 Ouija: Origin of Evil

Tayang: 2 November

Premisnya yang konyol mungkin layak menjadi bahan olok-olokan, namun film horor yang diangkat dari papan permainan Ouija toh sukses besar dengan meraup laba mencapai $103 juta dari seluruh dunia dari bujet yang hanya $5 juta. Sekarang, Universal sudah siap dengan sekuelnya. Ugh, maaf. Maksud saya prekuel. Film ini akan mengambil waktu hampir 50 tahun sebelum film pertama.

Seolah ingin menghapus pengalaman buruk kita akan film terdahulu, film ini diberi judul Ouija: Origin of Evil. Sinopsisnya masih sama, dimana sebuah keluarga menemukan papan Ouija lalu diteror oleh entitas berbahaya. Saya sedikit berharap. Alasannya: (1) Settingnya di tahun 1967 (horor selalu lebih seram di masa lalu) dan (2) Sutradaranya adalah Mike Flanagan yang pernah menangani Oculus dan Hush, dua horor indie yang cukup saya suka.
Sutradara Mike Flanagan
Pemain Elizabeth Reaser, Henry Thomas, Annalise Basso


#03 Terpana *

Tayang: 3 November

"Belum ada film seperti Terpana. Semua yang ada di film ini akan membuat penonton tak menyangka karena menampilkan sesuatu berdasar fakta dan pengetahuan", ujar Fachry Albar, pemain utama filmnya. Kedengarannya sesumbar, tapi setelah menonton trailernya, saya sendiri tak yakin filmnya tentang apa. Terpana tampaknya akan mengambil cerita romansa berkonsep rumit, mungkin ala Eternal Sunshine of the Spotless Mind-nya Michel Gondry. Joko Anwar sempat memuji sang sutradara, Richard Oh lewat akun twitter-nya.

Oke, premisnya tentang kisah cinta segitiga antara Fachry, Raline Shah dan Reza Rahadian... terus, apa lagi? Saya pikir anda harus mencaritahunya sendiri.

Sutradara Richard Oh
Pemain Fachry Albar, Raline Shah, Reza Rahadian


#04 Shy Shy Cat

Tayang: 3 November

Jangan ilfil dulu dengan judulnya yang alay. Film ini adalah garapan Monty Tiwa yang diangkat dari naskah yang ditulis Monty bersama Adhitya Mulya. Shy Shy Cat adalah kolaborasi ketiga mereka setelah Test Pack dan Sabtu Bersama Bapak. Akankah film ini bisa mengikuti kesuksesan keduanya?

Nirina Zubir bermain sebagai Mira, gadis 30 tahun yang akan dijodohkan dengan Otoy (Fedi Nuril), teman masa kecilnya. Mengingat bahwa Otoy dulunya adalah anak yang menyebalkan, Mira ogah nikah dan dengan bantuan Jessy (Acha Septriasa) serta Umi (Tika Bravani), mereka berniat menggagalkan pernikahan tersebut.

Sutradara Monty Tiwa
Pemain Nirina Zubir, Fedi Nuril, Acha Septriasa


#05 Hacksaw Ridge *

Tayang: November

Hacksaw Ridge adalah biopik mengenai petugas medis Desmond T. Doss yang dianugerahi Medal of Honor karena berhasil menyelamatkan 75 tentara pada Perang Okinawa. Meski bertema perang, film ini disebut-sebut sebagai film anti-perang dan punya subteks relijius. Andrew Garfield bermain sebagai karakter utama.

Film ini merupakan proyek penyutradaraan dari Mel Gibson sejak Apocalypto, setelah ia absen selama beberapa tahun gara-gara masalah pribadi dan keluarga. Film ini bisa menjadi hit baru bagi Gibson setelah Passion of the Christ, mengingat filmnya yang mendapat standing ovation selama 10 menit dari penonton saat premier pada Venice Film Festival lalu.

Sutradara Mel Gibson
Pemain Andrew Garfield, Sam Worthington, Luke Bracey


#06 Fantastic Beasts and Where to Find Them

Tayang: November

Mengingat tren Hollywood yang sedang menggalakkan sekuel-isasi film klasik (yang sebagian besar jeblok), spinoff dari Harry Potter ini sama-sama berkesempatan untuk menjadi pemecah rekor atau malah terjerembab di box office. Jika hal terakhir menjadi kenyataan, petinggi Warner Bros akan jantungan karena bujet produksinya yang mencapai $225 juta. Meski demikian, mungkin disebabkan kekuatan fanbase, mereka cukup pede untuk membuat filmnya menjadi franchise baru yang terdiri dari 5 film.

Berfokus pada kisah magizoologist Newt Scamander jauh sebelum Harry Potter masuk Hogwarts, film ini punya deretan pemain yang impresif: Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Ezra Miller, Jon Voight, Carmen Ejogo dan Colin Farrell. Sutradaranya adalah David Yates yang mengarahkan 4 film terakhir Harry Potter, jadi kita bisa berekspektasi bahwa film ini akan menjadi film yang gelap.

Sutradara David Yates
Pemain Eddie Redmayne, Katherine Waterstone, Colin Farrell


#07 #66

Tayang: 17 November

Tak begitu terdengar di Indonesia, film ini ternyata telah memenangkan beberapa penghargaan internasional, diantaranya: Platinum Remi Awards dari Worldfest Houston, Best Supporting Actress in Foreign Language Film dan Best Sound Design dalam International Filmmaker Festival of World Cinema London serta Best Fight Choreographer Feature Film dalam International Film Festival. Ini adalah mimpi Aa Gatot Brajamusti dan saya yakin ia akan iri dengan Asun Mawardi yang berperan sebagai sutradara, penulis naskah, produser serta pemain.

Ceritanya mengenai seorang pembunuh bayaran yang mendapat tugas untuk melenyapkan seorang informan polisi untuk melindungi sebuah organisasi kriminal. Yeah, kita mungkin bisa menyaksikan Donita menghajar orang.

Sutradara Asun Mawardi
Pemain Asun Mawardi, Donita, Erwin St Bagindo


#08 Death Note: Light Up the New World

Tayang: 23 November

Death Note boleh dikatakan sebagai salah satu adaptasi manga yang sukses di layar lebar. Di kampung halamannya, film ini memuncaki box office selama 2 minggu berturut-turut, mengalahkan The Da Vinci Code pada 2006. Sekuelnya lebih sukses lagi, menjadi salah satu film terlaris di 2009 dan berada di puncak box office selama 4 minggu. Nah, sebelum kita menyaksikan remake Hollywood-nya dari Adam Wingard, kita terlebih dahulu bisa menonton sekuel keduanya.

Mengambil waktu 10 tahun setelah film sebelumnya, film ini akan berfokus pada generasi baru yang "mewarisi DNA" dari Light Yagami dan L. Sepuluh tahun hiatus, kali ini didapati bahwa ada 6 Death Note di bumi. Tatsuya Fujiwara dan Kenichi Matsuyama yang memerankan Light dan L di film pertama, juga kembali bermain tapi mungkin hanya sebatas cameo.

Sutradara Shinsuke Sato
Pemain Masahiro Higashide, Sosuke Ikematsu, Masaki Suda


#09 Allied

Tayang: November

Film ini mungkin akan lebih dikenal sebagai film yang membuat rumah tangga Brad Pitt/Angelina Jolie gonjang -ganjing, namun kesampingkan dulu insting gosip kita. Allied adalah salah satu film berprofil tinggi dari Universal. Tak hanya dibintangi oleh dua aktor kelas A (Brad Pitt dan Marion Cotillard), film ini diarahkan oleh Robert Zemeckis, sutradara yang pernah menangani Forrest Gump, Back to the Future dan Flight. Sementara penulis naskah adalah Steven Knight (Eastern Promises, Locke).

Bersetting di era Perang Dunia II, Pitt bermain sebagai intelijen Amerika yang bertemu dengan seorang pemberontak Prancis (Cotillard). Mereka saling jatuh cinta, tapi hubungan ini terancam saat mereka bertemu kembali di London, dimana karakter Cotillard dicurigai sebagai mata -mata Jerman. Terdengar familiar? Kabar menyebutkan bahwa film ini semacam gabungan antara Mr. & Mrs. Smith dengan Casablanca.

Sutradara Robert Zemeckis
Pemain Brad Pitt, Marion Cotillard, Jared Harris


#10 Moana

Tayang: November

2016 menjadi tahun yang luar biasa bagi Disney. Sejauh ini, 4 film mereka (termasuk kolaborasi dengan Marvel dan Pixar) menjadi film terlaris di 2016 dan mereka tampaknya belum akan berhenti. Moana punya kans besar untuk mengikuti kesuksesan Finding Dory dan Zootopia. Apalagi, dengan adanya Dwayne "The Rock" Johnson yang sudah terbukti punya karisma untuk mengubah film apapun menjadi box office.

Film ini merupakan debut penyutradaraan CGI perdana bagi Ron Clements dan Jon Musker, tapi tak perlu khawatir karena mereka adalah sutradara di balik film klasik Disney, The Little Mermaid dan Aladdin. Ceritanya mengenai petualangan Moana (Auli'i Cravalho) bersama manusia setengah dewa Maui (Johnson) yang menjelajah kepulauan misterius.

Sutradara Ron Clements, John Musker
Pemain Auli'i Cravalho, Dwayne Johnson, Temuera Morrison


Bulan ini (kemungkinan) akan tayang pula drama tinju Bleed for This, aksi-komedi Keeping Up with The Joneses, film zombie The Girl with All the Gifts, serta anime Yu Gi Oh: The Dark Dimension. Horor produksi Iran Under the Shadow adalah honorable mention bulan ini.

Beberapa film yang sudah rilis di Amerika tapi kemungkinan besar belum (atau tidak) tayang di Indonesia antara lain: film alien Arrival-nya Denis Villeneuve, drama perang Billy Lynn's Long Halftime Walk dari auteur Ang Lee, drama Manchester by the Sea yang digadang-gadang sebagai calon kontestan Oscar, drama romansa beda ras Loving dari Jeff Nichols, drama-misteri Evolution-nya Lucile Hadzihalilovic serta drama Lion yang diangkat dari kisah nyata.

Film lokal lain yang juga akan tayang bulan ini diantaranya Missing You, Barakati, Ibu Maafkan Aku, Melbourne Rewind, Adrenaline dan Rumah Malaikat.


Sekian rekomendasi film bulan ini. Jika ada film yang terlewatkan atau anda mempunyai rekomendasi yang tak saya cantumkan disini, silakan dimasukkan ke kolom komentar di bawah.

Jadi apa saja film yang akan anda tonton bulan ini? ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top