0

10 Rekomendasi Film Maret 2017

Dari 'Kong: Skull Island', 'Galih & Ratna', 'Hidden Figures', 'Beauty and the Beast', hingga 'Ghost in the Shell', berikut adalah rekomendasi film dari UlasanPilem bulan ini.

Kita belumlah memasuki summer, namun bulan ini bioskop sudah siap diisi banyak film blockbuster. Ada film superhero, film monster, dan gabungan keduanya yang akan memantik memori masa kecil. Bulan ini, Disney juga akan merilis satu lagi film dari daftar panjang proyek adaptasi animasi ke live-action, yang kali ini punya standar yang tinggi: film orisinalnya pernah menjadi nominee Best Picture Oscar.

Bicara soal Oscar, anda mungkin sudah tahu bahwa tahun ini adalah perhelatan yang paling seru. Bukan karena rivalitas nomineenya yang ketat, namun karena panasnya kampanye dari dua film yang bersaing.

Film lokal sendiri juga tak kalah variatifm mulai dari drama dewasa, romansa remaja hingga film horor, tentu saja. Yang menjadi catatan saya adalah satu film remaja yang merupakan remake dari film klasik yang pernah dibintangi Rano Karno.

Mari kita lihat apa saja rekomendasi UlasanPilem di bulan ini. Perlu diingat bahwa rekomendasi ini bersifat subyektif dan referensinya saya susun berdasarkan faktor eksternal film. Tentunya, saya tak bisa menjamin kualitas film yang direkomendasikan sebelum ditonton.

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Penayangan tergantung distributor film, jadi saya tak bisa memberikan tanggal pasti. Untuk melihat jadwal tayang pasti silakan klik disini.

Baiklah, berikut daftar rekomendasi bulan ini.

* = Top Recommendations


#01 Logan

Tayang: 1 Maret

Pasca kesuksesan Deadpool sebagai film superhero berating "R"/"Dewasa" yang meraup laba masif di box office, 20th Century Fox tampaknya lebih percaya diri dengan franchise superhero mereka dan langsung memberikan lampu hijau pada Logan. Memang hal yang wajar jika film Wolverine brutal (cakar Adamantiumnya kan bukan cuma buat mejeng), namun ini juga mengijinkan filmnya untuk memasuki ranah yang lebih kelam secara naratif.

Mengambil waktu di masa depan yang lebih apocalyptic daripada X-Men: Apocalypse, Logan dan Xavier yang sudah uzur harus menyepi dari dunia yang tak lagi dihuni mutan, sampai mereka bertemu dengan Laura alias X-23, mutan riset yang bisa dibilang Wolverine-Girl. Memang tak sedalam yang coba ditawarkan premisnya, namun Logan punya diferensiasi yang cukup apabila dibandingkan dengan film superhero kebanyakan (baca review saya disini).

Sutradara James Mangold
Pemain Hugh Jackman, Patrick Stewart, Dafne Keen


#02 Kong: Skull Island

Tayang: 8 Maret

Warner Bros berencana membangun cinematic universe baru mengenai monster, yang diantaranya diisi oleh Godzilla dan King Kong. Film Godzilla versi 2014 adalah starter-nya dan sekarang mereka akan merilis Kong: Skull Island, sebelum keduanya bertemu dalam Godzilla vs. Kong pada 2020 mendatang.

Saya pikir tak ada bakal terlalu peduli dengan plotnya, asalkan ada King Kong dan monster-monster lainnya. Anyway, deretan pemainnya boleh juga; ada Brie Larson, Tom Hiddleston, Samuel L. Jackson, John Goodman, John C. Reilly, dll. Sutradara indie Gareth Edwards sukses menangani debut blockbuster perdananya lewat Godzilla, dan semoga Jordan Vogt-Roberts (Kings Of Summer) bernasib sama.

Sutradara Jordan Vogt-Roberts
Pemain Brie Larson, Tom Hiddleston, Samuel L. Jackson


#03 Galih & Ratna *

Tayang: 9 Maret

Jauh sebelum ada Rangga dan Cinta, ada Galih & Ratna. Galih & Ratna adalah remake dari film klasik Gita Cinta dari SMA yang dibintangi oleh Rano Karno dan Yessy Gusman. Sekarang kedua karakter ikonik ini diperankan oleh Refal Hady dan Sheryl Sheinafia. Ceritanya tentu saja mengenai kisah cinta keduanya.

Jika dilihat dari trailernya, film ini akan menjadi film yang sedikit berbeda dengan film romansa remaja kekinian yang setiap dialognya memancing eye-rolling. Materi promosi lainnya juga tampak elegan dan dengan Lucky Kuswandi (The Fox Exploits the Tiger's Might yang ternama itu, tapi saya belum nonton) yang duduk di kursi sutradara, otomatis menempatkannya sebagai film lokal yang paling saya tunggu bulan ini.

Sutradara Lucky Kuswandi
Pemain Refal Hady, Sheryl Sheinafia, Ayu Dyah Pasha


#04 Hidden Figures *

Tayang: 10 Maret

Hidden Figures memang tak memenangkan Oscar, namun film ini memenangkan hati penonton Amerika dengan menjadi nominee Best Picture berpendapatan tertinggi disana, mencapai $153 juta (dan masih tayang hingga saat ini). Performa di luar Amerika masih dipertanyakan dan lebih dipertanyakan lagi di Indonesia, dimana isu mengenai rasisme yang diangkat filmnya kurang begitu relevan. Namun dengan review bagus yang menyatakan bahwa film ini adalah true crowdpleaser, saya rasa temanya takkan jadi masalah.

Hidden Figures mengangkat kisah nyata mengenai 3 wanita kulit hitam yang mungkin tak kita kenal tapi ternyata mereka adalah figur penting di balik keberhasilan Amerika meluncurkan pesawat ulang alik mereka ke luar angkasa. Deretan pemainnya yang diantaranya berisi nama Taraji P. Henson, Octavia Spencer dan Janelle Monae menang sebagai ensembel terbaik dalam Screen Actors Guild Awards beberapa waktu lalu.

Sutradara Theodore Melfi
Pemain Taraji P. Henson, Octavia Spencer, Janelle Monae


#05 Beauty and the Beast *

Tayang: Maret

Diantara semua film yang masuk daftar ini, Beauty and the Beast dari Disney adalah film bulan ini yang paling diantisipasi oleh penikmat film. Itu jika antusiasme menonton film mereka memang setara dengan euforia menyaksikan trailernya yang pernah memecahkan rekor sebagai trailer dengan view terbanyak dalam satu hari.

Standarnya cukup tinggi, dimana film orisinalnya yang dirilis pada tahun 1991 merupakan film animasi pertama yang berhasil masuk nominasi Best Picture Oscar. Saya rasa, sulit untuk mencapai target tersebut, namun paling tidak, lewat Cinderella dan The Jungle Book, Disney sudah membuktikan bahwa mereka tahu cara yang benar untuk mengadaptasi animasi klasik mereka ke live action. Oh, dan ada Emma Watson.

Sutradara Bill Condon
Pemain Emma Watson, Dan Stevens, Luke Evans


#06 Trinity, The Nekad Traveler

Tayang: 16 Maret

The Naked Traveler adalah buku catatan perjalanan dari seorang traveler bernama Trinity yang luar biasa populer, sehingga cukup mengherankan kenapa studio baru tertarik untuk memfilmkannya setelah buku ketujuh. Anyway, sekarang film pertamanya sudah siap dirilis dengan judul Trinity, The Nekad Traveler. Perubahan judul mungkin karena alasan orang Indonesia yang (((katanya))) suka berfantasi aneh-aneh, apalagi melihat judul "Naked". Come on.

Sedikit berbeda dengan penggambaran Trinity versi buku, tokoh utama filmnya diperankan oleh Maudy Ayunda yang berparas cantik dan singset, tentu saja untuk menarik penonton. Trinity adalah mbak-mbak kantoran yang hobi travelling, namun keluarganya sudah menuntut kapan ia akan kawin. Oh, dan ia juga punya kisah cinta dengan fotografer ganteng yang diperankan Hamish Daud.

Sutradara Rizal Mantovani
Pemain Maudy Ayunda, Hamish Daud, Babe Cabita


#07 Ghost in the Shell

Tayang: Maret

Film ini membuat naluri fanboy saya bingung. Di satu sisi, saya senang salah satu anime favorit saya dibuatkan film live-action oleh Hollywood. Di sisi lain, saya menyadari bahwa belum ada adaptasi Hollywood yang benar-benar bisa mengakomodasi sepenuhnya materi anime ke layar lebar. Lihat saja Speed Racer-nya Wachowskis dan Dragon Ba... oh saya lupa, kita tak akan pernah lagi membicarakan bencana yang satu ini.

Dirilis tahun 1995, Ghost in the Shell adalah salah satu anime yang paling berpengaruh sepanjang masa. Bersetting di masa depan, anime ini membahas filosofi tentang identitas dan kecerdasan buatan di era teknologi yang sangat maju, namun yang lebih mencolok adalah gaya visual cyberpunk-nya yang nantinya menjadi inspirasi bagi Wachowskis dalam menggarap The Matrix. Bagaimana Hollywood akan menangani materi aslinya yang notabene sangat kontemplatif ini? Entahlah, mungkin mereka bakal menambahkan beberapa adegan aksi, you know, untuk menarik penonton kasual. Yang jelas, saya takkan banyak komplain karena yang memerankan karakter utama yang bernama Major... adalah Scarlett Johansson!

Sutradara Rupert Sanders
Pemain Scarlett Johansson, Michael Pitt, Pilou Asbæk


#08 Power Rangers

Tayang: Maret

Banyak yang memperkirakan bahwa film layar lebar Power Rangers versi serius (ya, karena sebelumnya ada dua film versi campy) akan menjadi film yang buruk. Jika dilihat dari trailernya sih kemungkinan besar begitu. Namun karena rasa ingin tahu saya lebih besar daripada skeptisisme, maka saya tak peduli. Saya rasa, jika anda adalah mantan anak-anak era 90-an, anda juga tetap akan menontonnya, mengingat betapa serial Mighty Morphin Power Rangers yang begitu populer di layar televisi lokal di jamannya.

Film garapan Dean Israelite (Project Almanac) ini sepertinya akan menjadi semacam gabungan antara Chronicle dengan Iron Man. Lima remaja terpilih mendapat kekuatan misterius dan harus menyelamatkan dunia dari ancaman Rita Repulsa melalui bimbingan Zordon dan Alpha. Nama-nama pemain tokoh utamanya relatif kurang dikenal, tapi untuk Rita, Zordon dan Alpha diperankan oleh Elizabeth Banks, Bryan Cranston dan Bill Hader.

Sutradara Dean Israelite
Pemain Dacre Montgomery, Naomi Scott, RJ Cyler


#09 Sword Art Online: Ordinal Scale

Tayang: Maret

Sword Art Online: Ordinal Scale merupakan film layar lebar perdana dari franchise Sword Art Online yang begitu sukses secara komersil. Bersumber dari light novel, franchise ini sudah menelurkan 10 judul manga, 2 serial anime dan 5 video game. Bagi yang belum tahu, Sword Art Online bercerita tentang petualangan dan intrik dalam sebuah game Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (VRMMORPG).

Versi layar lebar ditangani langsung oleh sutradara serial animenya, Tomohiko Ito, yang berarti jika anda suka serial Sword Art Online, kemungkinan besar anda juga bakal suka film layar lebarnya. Mengingat ia sudah lulus sensor dari LSF, maka boleh dipastikan filmnya akan segera tayang dalam waktu dekat, tak berbeda jauh dengan di Amerika, yaitu pada tanggal 9 Maret.

Sutradara Tomohiko Ito
Pengisi suara Yoshitsugu Matsuoka, Haruka Tomatsu, Ayana Taketatsu


#10 Life

Tayang: Maret

Life bercerita tentang kru International Space Station yang berhasil mengambil sampel dari Mars yang katanya akan menjadi bukti perdana eksistensi kehidupan ekstraterestrial. Yang tak mereka tahu adalah organisme ini ternyata cerdas dan sadis, dan mereka harus mencari cara untuk menyelamatkan diri dari pesawat luar angkasa tersebut.

Terdengar seperti premis film Alien. Namun mudah-mudahan sutradara Daniel Espinosa (Safe House) serta duo penulis Deadpool, Rhett Reese dan Paul Wernick bisa meniupkan napas baru bagi film ini. Apalagi deretan aktornya tak main-main: Jake Gyllenhaal, Rebecca Ferguson, Ryan Reynolds dan Hiroyuki Sanada. Sony sendiri cukup pede dengan film ini dan menempatkannya dalam slot Festival SXSW.

Sutradara Daniel Espinosa
Pemain Jake Gyllenhaal, Rebecca Ferguson, Ryan Reynolds


Beberapa film lain yang juga akan tayang adalah Gold yang dibintangi Matthew McConaughey sebagai pebisnis yang mencari emas hingga ke Kalimantan; Silence-nya Martin Scorsese (yang ditunda dari bulan lalu) serta komedi polisi CHIPS (bukan punya Warkop DKI yang itu) yang dibintangi Michael Pena.

Film yang akan tayang di Amerika namun belum/tidak akan tayang di Indonesia, antara lain T2: Trainspotting sekuel film cult dari Danny Boyle; Personal Shopper dari Olivier Assayas yang dibintangi Kristen Stewart; serta The Zookeeper's Wife yang dibintangi oleh Jessica Chastain.

Film-film lokal lain yang juga tayang bulan ini diantaranya Silariang Menggapai Keabadian Cinta; London Love Story 2 yang kali ini melibatkan cinta segitiga antara Dimas Anggara, Michelle Ziudith, dan Rizky Nazar; horor Ular Tangga yang dibintangi Shareefa Danish; komedi musikal Musik untuk Cinta; adaptasi novel remaja populer Dear Nathan; film Garin Nugroho berjudul Moon Cake Story yang dibintangi Bunga Citra Lestari dan Morgan Oey; Bid'ah Cinta dari Nurman Hakim; komedi Baracas yang dibintangi Ringo Agus dan Tika Bravani; horor Danur, I Can See Ghost yang dibintangi Prilly Latuconsina; dan terakhir, drama Perfect Dreams yang dibintangi Baim Wong dan Wulan Guritno.


Sekian rekomendasi film bulan ini. Jika ada film yang terlewatkan atau anda mempunyai rekomendasi yang tak saya cantumkan disini, silakan dimasukkan ke kolom komentar di bawah.

Jadi apa saja film yang akan anda tonton bulan ini? ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem
BAGIKAN

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top