0

10 Rekomendasi Film April 2017

Dari 'Furious 8', 'The Guys', 'Kartini', 'Free Fire', hingga 'Guardians of the Galaxy Vol. 2', berikut adalah rekomendasi film dari UlasanPilem bulan ini.

Pertama-tama ijinkan saya meminta maaf terlebih dulu atas keterlambatan mengepos rekomendasi film bulan April. Rekomendasi bulanan biasanya saya posting paling lambat sebelum tanggal 5, namun dikarenakan kesibukan di dunia nyata yang luar biasa bulan ini maka postingannya molor lima hari. Kabar baiknya, belum terlalu banyak film April dirilis sampai hari ini, jadi tak banyak yang kita lewatkan.

Kabar buruknya, studio tampaknya lebih memilih menyimpan film-film jagoan mereka untuk slot summer yang baru dimulai bulan depan. Namun jangan terlalu kecewa, karena Universal dan Marvel bermurah hati merilis dua film besar mereka. Di luar itu, ada 2 film lokal yang sudah bisa dipastikan akan meraih satu juta penonton.

Mari kita lihat apa saja rekomendasi UlasanPilem di bulan ini. Perlu diingat bahwa rekomendasi ini bersifat subyektif dan referensinya saya susun berdasarkan faktor eksternal film. Tentunya, saya tak bisa menjamin kualitas film yang direkomendasikan sebelum ditonton.

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Penayangan tergantung distributor film, jadi saya tak bisa memberikan tanggal pasti. Untuk melihat jadwal tayang pasti silakan klik disini.

Baiklah, berikut daftar rekomendasi bulan ini.

* = Top Recommendations


#01 Night Bus

Tayang: 6 April

Night Bus adalah film yang terlewatkan karena kesibukan saya minggu lalu. Sekarang, ia hanya tayang di beberapa layar saja di kota tertentu dan kemungkinan besar akan lenyap minggu depan. Bagi anda yang belum menonton dan beruntung masih kebagian layar, bersegeralah. Rekan-rekan saya dari IDFC bilang bahwa ini adalah thriller lokal yang unik. Ada kekurangan di sisi teknis, namun Night Bus katanya benar-benar mencekam

Diproduseri oleh Darius Sinathrya dan Teuku Rifnu Wikana, ceritanya mengenai sekelompok penumpang bis yang menuju sebuah kota yang merupakan daerah konflik. Siapa sangka, di antara mereka ada satu penyusup yang menjadi kunci pemecah konflik.

Sutradara Emil Haradi
Pemain Teuku Rifnu Wikana, Yayu Unru, Edward Akbar


#02 Get Out

Tayang: 7 April

Get Out mungkin adalah salah satu film horor tersukses dekade ini. Ia melanjutkan tren film horor murah produksi Blumhouse yang berjaya secara komersil. Dibuat dengan bujet hanya $4,5 juta, film horor-satir ini telah mengumpulkan laba mencapai $176 juta hingga saat ini. Respon dari kritikus juga sangat positif (RottenTomatoes "99%") yang menyoroti kebrilianannya mengangkat kritik sosial yang lucu sekaligus thought-provoking sembari tetap menyajikannya seperti horor pada umumnya.

Telah menonton film ini, saya tak begitu mendapat greget dari hype-nya, tapi memang kapabilitas Jordan Peele dalam menyutradarai begitu mantap dimana pembangunan atmosfernya dilakukan dengan sangat efektif. Gaya visualnya yang kuat tak menunjukkan kegaguan meski ini adalah debut perdananya sebagai sutradara.

Sutradara Jordan Peele
Pemain Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford


#03 Fast & Furious 8

Tayang: 12 April

Bagaimana kisah Fast & Furious berlanjut tanpa Paul Walker? Dengan sekuens aksi yang lebih edan tentu saja. Setelah melihat mobil terjun payung atau berloncatan dari satu gedung pencakar langit ke gedung lain, anda mungkin sudah tak peduli lagi dengan cerita atau karakter, asalkan sekuens aksi semakin gila. Dilihat dari trailer, Fast & Furious 8 alias The Fate of the Furious takkan mengecewakan; ia menampilkan kejar-kejaran mobil dengan tank... dan kapal selam!

Ceritanya, jika anda masih ingin tahu, mengenai Dom (Vin Diesel) yang berkhianat dari timnya gara-gara hasutan Cipher (Charlize Theron). Pemain lama akan kembali: Michelle Rodriguez, Tyrese Gibson, Chris Bridges, termasuk dua lagi anggota trio botak, Dwyane Johnson dan Jason Statham, dengan tambahan Kurt Russell, Scott Eastwood dan Helen Mirren. Posisi sutradara diambil alih oleh F. Gary Gray yang pernah menggarap Straight Outta Compton yang merupakan salah satu film favorit saya dua tahun lalu.

Sutradara F. Gary Gray
Pemain Vin Diesel, Dwayne Johnson, Jason Statham


#04 The Guys

Tayang: 13 April

Sepanjang pengetahuan saya, ada 2 kategori film yang dibuat Raditya Dika: adaptasi dari bukunya yang diproduksi oleh Starvision seperti Marmut Merah Jambu dan Koala Kumal, serta film orisinal yang diproduksi oleh rumah produksi lain (Soraya, Rapi Films) seperti Single dan Hangout. Soraya yang notabene adalah studio yang royal, memberikan keleluasan (dan modal lebih) bagi Dika untuk menyuguhkan sketsa komedi yang berkelas. Dan The Guys diproduksi oleh Soraya. High-profile sudah pasti, sekarang tinggal menanti apakah amunisi lelucon yang disiapkan Dika benar-benar lucu atau tidak.

Premisnya masih berkutat soal asmara. Namun kali ini melibatkan kisah cinta di kantor. Dika ingin menggebet Pevita Pearce, teman sekantor yang juga merupakan anak pak boss. Masalahnya, gebeta abadi Dika yang dulunya mengabaikannya, mulai menunjukkan rasa suka. Makin pelik saat ayah Pevita juga naksir dengan ibu Dika. Nah lho.

Sutradara Raditya Dika
Pemain Raditya Dika, Pevita Pearce, Indra Jegel


#05 Kartini

Tayang: 19 April

Saya benar-benar berharap Kartini menjadi film biopik yang bagus. You know, film dimana Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa dan Ayushita Nugraha bermain sebagai kakak-adik serta Christine Hakim dan Deddy Sutomo sebagai orang tua mereka. Apalagi figur yang diangkat juga tak main-main, pelopor kebangkitan wanita pribumi. Siapa yang tak pernah mendengar "Habis Gelap Terbitlah Terang"?

Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo yang pernah menggarap beberapa biopik seperti Habibie & Ainun, Sang Pencerah dan Soekarno. Biopik terakhir dari Hanung, rudy habibie meninggalkan kesan tak sedap bagi saya. Saya tahu Hanung bisa membuat film yang bagus, tapi astaga, film ini benar-benar dikemas dengan hiperbola hingga titik dimana ia seperti mengkultuskan sang subyek. Chill, man. Karini sudah fenomenal dari sananya.

Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita Nugraha


#06 Free Fire *

Tayang: April

Studio indie A24 tahu film cara memilih film yang akan mereka distribusikan. Kebanyakan film mereka berjaya secara kritikal, misalnya saja Ex Machina, Room, The Witch, Green Room, dan Moonlight. Mereka membuka tahun ini dengan Free Fire, film terbaru dari Ben Wheatley (High-Rise) yang telah melanglang buana di berbagai festival internasional akhir tahun lalu.

Judulnya tak bohong. Ceritanya mengenai negosiasi yang berakhir kacau sehingga mengakibatkan adu tembak antar dua geng. Beberapa review menyebutkan bahwa film ini adalah tembak-tembakan yang dikemas dalam format film panjang. Ini bisa jadi membosankan, tapi tidak jika tembak-tembakannya melibatkan Brie Larson, Sharlto Copley, Armie Hammer dan Cillian Murphy. Satu-satunya masalah adalah kita tak tahu kapan persisnya film ini tayang.

Sutradara Ben Wheatley
Pemain Brie Larson, Sharlto Copley, Armie Hammer


#07 The Circle

Tayang: April

Setelah lulus dari Hogwarts, Emma Watson bekerja di sebuah perusahaan internet bergengsi dan berkat kecerdasannya ia naik jabatan dengan cepat. Namun ini membuatnya terjebak dalam masalah privasi dan kebebasan di era digital. Musuhnya adalah orang yang tak anda duga. "The American everyman"... Tom Hanks.

Yeah, saya langsung mengantri. Film ini merupakan adaptasi dari novel populer karya Dave Eggers yang diadaptasi oleh James Ponsoldt yang pernah memberikan kita salah satu film romansa remaja terbaik, The Spectacular Now.

Sutradara James Ponsoldt
Pemain Emma Watson, Tom Hanks, John Boyega


#08 Guardians of the Galaxy Vol. 2 *

Tayang: April

Untuk urusan film superhero yang fun, saya rasa Guardians of the Galaxy adalah jawaranya. Penulis dan sutradara James Gunn berhasil menyulap film mengenai superhero yang boleh dibilang tak dikenal orang menjadi film superhero terlaris di tahun 2014. Sekarang semua tahu Star-Lord, Drax dan tentu saja, Groot. Jadi, dari semua film superhero yang rilis tahun ini, Guardians of the Galaxy Vol. 2 adalah film yang paling saya tunggu. Apalagi dengan Gunn yang kembali dipercaya duduk di kursi penulis dan sutradara.

Melanjutkan langsung kisah dari film pertamanya, pertualangan para Guardians ini akan semakin besar dengan penjelajahan kosmos mereka. Musuh tampaknya juga semakin mengerikan, namun masalah sesungguhnya adalah saat Star-Lord berjumpa kembali dengan sang ayah yang diperankan oleh Kurt Russell. Iya, kita mendapatkan dua Kurt Russell bulan ini.

Sutradara James Gunn
Pemain Chris Pratt, Zoe Saldana, Dave Bautista


#09 Baahubali 2: The Conclusion

Tayang: April

Saya tak begitu banyak menonton film fantasi produksi India sehingga tak yakin apakah klaim saya ini valid atau tidak, namun Baahubali: The Beginning merupakan film fantasi India terepik yang pernah dibuat. Ia adalah film India termahal (setidaknya sampai saat ini), menjadi film India terlaris sepanjang masa di India serta film India terlaris ketiga sepanjang masa secara global. Dalam hal estetika visual, film ini seolah merupakan produk seandainya Zack Snyder membuat film superhero India.

Setelah menonton film pertamanya, saya merasa ia tak masuk akal dan koheren sebagai satu kesatuan film yang utuh. Really, apa maksud dari paruh pertama dan paruh kedua yang sepertinya tak nyambung? Namun mungkin ini adalah maksud pembuat filmnya. Mungkin semua bakal terjelaskan di film kedua. Poin ini bagi anda peduli dengan cerita. Bagi yang tidak, ada trivia penting: Baahubali 2 adalah film India pertama yang akan dirilis dalam format 4K High Definition. Yeah, pembuat filmnya sepede itu.

Sutradara S.S. Rajamouli
Pemain Prabhas, Anushka Shetty, Rana Daggubati


#10 The Curse

Tayang: 27 April

The Curse bukan gaya-gayaan ingin memakai judul bahasa Inggris, karena filmnya sendiri ber-setting di Melbourne. Yes, anda akan melihat Prisia Nasution mencoba berbicara dengan hantu dalam bahasa Inggris! Sinopsisnya bilang bahwa ini bukan sekedar soal hantu-hantuan. Karakter Prisia harus memecahkan teka-teki yang berkaitan dengan kedatangan roh yang menghantuinya.

Materi promosinya sejauh ini cukup mengesankan dan sutradaranya, Muhammad Yusuf punya filmografi yang berspesialisasi di genre horor (Kemasukan Setan, Angker, Misterius). Oh, dan ini adalah film horor ketiga tahun ini yang dibintangi Shareefa Danish setelah Ular Tangga dan Danur.

Sutradara Muhammad Yusuf
Pemeran Prisia Nasution, Shareefa Daanish, Lia Waode


Animasi Smurf: The Lost Village dan The Boss Baby telah tayang awal bulan ini dan anda mungkin bisa mengajak anak/adik anda karena filmnya tak para-parah amat. Ada pula thriller politik, Miss Sloane yang hanya tayang di jaringan XXI. Film ini cukup seru dan saya terpesona melihat Jessica Chastain sebagai karakter tituler. Unforgettable dibintangi Rosario Dawson dan Katherine Heigl yang mudah-mudahan nasibnya sesuai judulnya.

Film yang akan tayang di Amerika namun belum/tidak akan tayang di Indonesia, antara lain Going in Style yang dibintangi Morgan Freeman dan Michael CaineThe Lost City of Z mengenai Charlie Hunnam yang mencari kota yang hilang di Amazon; scifi Colossal yang dibintangi Anne Hathayway; serta Gifted mengenai anak jenius yang dibintangi Chris Evans dan Octavia Spencer.

Film-film lokal lain yang juga tayang bulan ini diantaranya drama yang bersetting di Flores, Labuan Hati; komedi remaja BFF (Best Friend Forever); drama reliji Mengejar Halal; film laga Hitam dan Putih yang dibintangi Roger Danuarta; Stip & Pensil yang ditulis Joko Anwar tapi entah kenapa kurang terdengar gaungnya; serta Surau dan Silek yang judulnya sudah menjelaskan filmnya (silek adalah bahasa Minang dari Silat, btw). 


Sekian rekomendasi film bulan ini. Jika ada film yang terlewatkan atau anda mempunyai rekomendasi yang tak saya cantumkan disini, silakan dimasukkan ke kolom komentar di bawah.

Jadi apa saja film yang akan anda tonton bulan ini? ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top