0

9 Rekomendasi Film Juli 2017

Dari 'Spider-Man: Homecoming', 'Despicable Me 3', 'Filosofi Kopi 2: Ben & Jody', 'Dunkirk', hingga 'War for the Planet of the Apes', berikut adalah rekomendasi film dari UlasanPilem bulan ini.

Siapa sangka summer akan menjadi beban bagi saya? Jika anda adalah penikmat film, summer merupakan waktu yang paling manis untuk menonton film-film blockbuster di bioskop, apalagi jika blockbuster yang dimaksud adalah blockbuster besar dari subgenre superhero, sutradara tenar, atau franchise populer. Namun saking besarnya film-film tersebut, tak banyak film-film minor lain yang tayang. Oleh karenanya, saya harus berpikir keras untuk menyusun 10 rekomendasi film bulan ini. Oh maaf, bahkan setelah berjuang, saya hanya bisa mendapatkan 9 film saja.

Demikian juga dengan film lokal. Koreksi jika saya keliru, tapi hanya ada 5 film lokal yang tayang bulan ini. Mungkin ada hubungannya juga dengan antisipasi pasca film spesial Lebaran. (UPDATE: Ternyata ada 7 film).

Mari kita lihat apa saja rekomendasi UlasanPilem di bulan ini. Perlu diingat bahwa rekomendasi ini bersifat subyektif dan referensinya saya susun berdasarkan faktor eksternal film. Tentunya, saya tak bisa menjamin kualitas film yang direkomendasikan sebelum ditonton.

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Penayangan tergantung distributor film, jadi saya tak bisa memberikan tanggal pasti. Untuk melihat jadwal tayang pasti silakan klik disini.

Baiklah, berikut daftar rekomendasi bulan ini.

* = Top Recommendations


#01 Spider-Man: Homecoming

Tayang: 5 Juli

Baru 15 tahun, dan kita sudah mendapatkan 3 versi Spider-Man. Apakah terlalu dini untuk me-reboot Spider-Man, lagi? Tidak juga, jika menilai dari bagaimana superhero remaja ini telah mencuri perhatian kita lewat penampilan singkatnya dalam Captain America: Civil War. Untuk memastikan penggemar Marvel berbondong-bondong ke bioskop (seolah hal ini perlu dilakukan), jagoan kita didampingi oleh Tony Stark alias Iron Man (Robert Downey Jr.). Pasca Civil War, Peter Parker (Tom Holland) kembali ke rumah sembari menjalani keseharian sebagai siswa SMA biasa. Namun datang ancaman baru dalam wujud Batm... maksud saya Vulture (Michael Keaton).

Kita, penonton Indonesia punya kesempatan menonton filmnya lebih awal, karena di Amerika sendiri Spider-Man: Homecoming baru tayang pada 7 Juli. Meski begitu, film ini sudah premier secara terbatas pada 28 Juni kemarin, dengan respon bagus dari kritikus (RottenTomatoes-nya saat ini adalah "93%"). Banyak yang menyebutnya film Spider-Man terbaik kedua setelah Spider-Man 2. Namun saya sepenuhnya tak sabar menonton saat ada yang melabelinya sebagai film Spider-Man paling fun sejauh ini.

Sutradara Jon Watts
Pemain Tom Holland, Robert Downey Jr., Michael Keaton


#02 Despicable Me 3

Tayang: 12 Juli

Dengan pendapatan global mencapai $1,2 miliar, Minions membuktikan bahwa studio Universal butuh lebih banyak makhluk kuning mungil ini untuk mengisi pundi-pundi mereka. Tapi secara pribadi, saya tak butuh Minions sebanyak itu. Untungnya, kali ini mereka hanya muncul sebagai karakter pendukung, karena film mereka yang akan tayang berjudul Despicable Me 3 alih-alih Minions 2.

Namun kita mendapati lebih banyak Gru (Steve Carrell); di film ini ada saudaranya yang bernama Dru (juga Steve Carrell). Saya tak tahu ini kabar bagus atau bukan. Film ini sudah tayang duluan sejak akhir Juni lalu di Amerika, dengan respon yang lumayan (RottenTomatoes "62%"). Namun siapa pula yang bakal mengecek situs agregat tersebut; target utama Despicable Me 3 terlalu muda untuk kenal RottenTomatoes.

Sutradara Pierre Coffin, Kyle Balda
Pemain Steve Carell, Kristen Wiig, Trey Parker


#03 Filosofi Kopi 2: Ben & Jody *

Tayang: 13 Juli

Siapa dua bro dengan bromance terkuat dalam film-film lokal belakangan? Ayo ayo, jawab, 3.. 2.. 1.. Besar kemungkinan adalah Ben dan Jody, Chicco Jerikho dan Rio Dewanto. Lewat film Filosofi Kopi 2, sekarang persahabatan mereka akan diuji, persis seperti film sebelumnya, duh. Namun mungkin ujiannya lebih berat, karena judulnya menyoroti nama mereka berdua. Lagipula ujiannya dalam wujud Luna Maya dan Nadine Alexandra yang masing-masing bermain sebagai investor dan barista. Anyway, tak perlu banyak khawatir karena tim kreatif di balik film pertamanya akan kembali lagi, termasuk sutradara Angga Dwimas Sasongko.

Jadi apa yang terjadi dengan kombi "Filosofi Kopi" mereka? Dua tahun berkeliling Indonesia dengan kombi, pertualangan mereka ternyata harus berakhir. Puncaknya di Bali saat Aga, Aldi dan Nana memutuskan mengundurkan diri dengan alasan masing-masing. Ben dan Jody lalu pulang ke Jakarta dan membangun kedai kopi bernama "Filosofi Kopi" di Kebayoran Baru. Eh, kedai ini udah yak.

Sutradara Angga Dwimas Sasongko
Pemain Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Luna Maya


#04 Baywatch

Tayang: 19 Juli

Salah satu ikon layar kaca 90-an adalah Baywatch, dan serial ini sekarang diangkat ke layar lebar oleh Seth Gordon (Identity Thief). Tak ada yang bisa menggantikan David Hasselhoff, tidak juga dengan karisma Dwayne "The Rock" Johnson yang sebelumnya bisa mengangkat film apapun menjadi film hit. Terbukti dari respon penonton dan kritikus yang lesu saat film ini tayang dua bulan yang lalu di Amerika. Namun musim panas belum sahih, kalau kita belum menyaksikan some skins, muscle and beach.

Jika anda pikir premis serial Baywatch lumayan konyol, maka pembuat filmnya juga setuju. Mereka bilang bahwa film ini akan mengambil jalur seperti yang dilakukan 21 Jump Street, komedi yang hormat pada materi orisinalnya tapi juga tak malu mengoloknya. Pengganti Pamela Anderson? Antara Priyanka Chopra, Alexandra Daddario atau Kelly Rohrbach, dan mereka seksi abis. Hedeh, saya langsung gerah.

Sutradara Seth Gordon
Pemain Dwayne Johnson, Zac Efron, Priyanka Chopra


#05 The Doll 2

Tayang: 20 Juli

The Doll yang dibintangi Shandy Aulia dan Denny Sumargo bukanlah film horor terbagus tahun lalu, tapi ia lebih mendingan daripada film horor yang lagi ramai minggu ini. Filmnya cukup seram, meski yang lebih saya apresiasi adalah tata produksinya yang bagus mengingat produsernya Soraya. Nah, jika anda ingat bagaimana semua karakternya menerima takdir yang tragis di akhir film, maka wajar saja jika sekuelnya diisi oleh karakter baru. Bintang The Doll 2 adalah Luna Maya, Herjunot Ali dan boneka yang lebih horor daripada boneka Ghawiah di The Doll.

Alasan pasangan Luna-Junot tak membuang boneka bernama Sabrina ini juga lebih masuk akal; Sabrina adalah boneka kesayangan anak mereka, Kayla yang baru saja meninggal, dan Luna merasa ia bisa berkomunikasi dengan Kayla. Yah, setidaknya lebih logis daripada membawa pulang boneka bertampang seram yang diambil dari atas pohon keramat. Fun fact: (1) The Doll tayang di beberapa negara ASEAN, dan The Doll 2 mendapat slot hingga ke India; (2) di bioskop di daerah saya, The Doll adalah satu-satunya film lokal yang berani menantang Doctor Strange yang waktu itu lagi heboh, dan dapat studio yang lebih banyak pula.

Sutradara Rocky Soraya
Pemain Luna Maya, Herjunot Ali, Sara Wijayanto


#06 Dunkirk *

Tayang: 21 Juli

Dunkirk merupakan film karya Christoper Nolan. Siapa yang rela melewatkan sebuah film Nolan di bioskop? Entah itu thriller, superhero, atau fiksi ilmiah, Nolan selalu menjanjikan pertunjukan visual yang enak dilihat di antara plotnya yang seringkali membuat kita merasa lebih pintar dari saat sebelum memasuki bioskop. Namun beda dari film-filmnya yang lalu, Dunkirk adalah drama perang pertamanya.

Mengambil waktu saat Perang Dunia II, ceritanya mengenai usaha penyelamatan 400.000 tentara Sekutu di pantai Dunkirk oleh warga sipil yang diambil dari 3 perspektif: darat, laut, dan udara. Disorot dengan kamera IMAX 65mm, film ini bisa dipastikan akan menjadi sajian yang berfokus di visual. Nolan sendiri bilang bahwa suspensnya sendiri dibangun dari detil adegan, karena dialognya sendiri sangat minim. Oh, dan Harry Styles dari "One Direction" ikut bermain.

Sutradara Christopher Nolan
Pemain Fionn Whitehead, Tom Hardy, Cillian Murphy


#07 Valerian and the City of a Thousand Planets

Tayang: Juli

Valerian and the City of a Thousand Planets adalah film produksi Prancis termahal sepanjang masa, mencapai €197 juta, jauh melewati rekor sebelumnya yang dipegang Asterix at the Olympic Games (€78 juta). Jelas ada banyak yang dipertaruhkan disini. Dalam sebuah wawancara, sang sutradara Luc Besson bahkan sempat memohon agar kita menonton film ini agar ia nanti bisa membuatkannya sekuel. Jika menilai dari trailernya yang spektakuler, saya tak keberatan.

Dibintangi oleh Dane DeHaan dan Cara Delevingne, ceritanya mengenai Valerian dan Laureline yang berpetualang di Alpha, kota metropolis sejuta planet yang dipenuhi dengan berbagai macam spesies dari berbagai galaksi. Desain karakter aliennya unik serta tata produksinya megah menjanjikan pembangunan semesta imajinatif yang mungkin selevel dengan Avatar-nya James Cameron. Film ini sepertinya akan melanjutkan legasi dari The Fifth Element, film ikonik dari Besson yang banyak diklaim sebagai salah satu film scifi paling visioner.

Sutradara Luc Besson
Pemain Dane DeHaan, Cara Delevingne, Clive Owen


#08 War for the Planet of the Apes *

Tayang: 26 Juli

Setting-nya dua tahun setelah Dawn of the Planet of the Apes. Dalam pertarungan puncak ini, Caesar (Andy Serkis) dan pasukan keranya akan melawan dengan Sang Kolonel (Woody Harrelson) bersama pasukan tentara. Dihadapkan dengan kekalahan yang fatal, Caesar mulai mengandalkan insting liarnya untuk memenangkan perang yang menentukan masa depan bumi.

Film ini katanya adalah film ketiga dan penutup dari trilogi prekuel Planet of the Apes. Jika anda sudah menonton film orisinal Planet of the Apes, hasil akhirnya tentu bukan spoiler lagi. Namun Rise of the Planet of the Apes dan Dawn of the Planet of the Apes membuktikan bahwa visi yang inovatif serta didukung dengan efek visual mengagumkan bisa memberikan tontonan blockbuster yang segar dan berkualitas. Dengan Matt Reeves yang kembali menjadi sutradara, film ini mungkin akan menjadi salah satu sekuel terbaik dari sekuel terbaik dari salah satu prekuel terbaik yang pernah dibuat.

Sutradara Matt Reeves
Pemain Andy Serkis, Woody Harrelson, Steve Zahn


#09 The Emoji Movie

Tayang: Juli

Rasanya baru kemarin Sony menghebohkan internet dengan rencana mereka membuat film tentang karakter-karakter lucu yang biasa kita gunakan saat berkirim pesan lewat aplikasi chatting. Bagaimana membuat film dari emoji? Tak usah ditanya; sebelumnya studio animasi pernah mengangkat film dari mainan LEGO dan game Angry Birds. Fast forward, The Emoji Movie ternyata sekarang sudah siap hadir di bioskop, tak peduli apakah anda sudah siap atau belum.

Filmnya seperti semacam gabungan antara Inside Out dengan The LEGO Movie. Emoji adalah karakter satu ekspresi yang hidup dalam sebuah ponsel. Gene (T.J. Miller) merupakan satu-satunya emoji dengan ekspresi beragam. Bersama dengan Jailbreak (Anna Faris), ia melakukan perjalanan untuk menemukan identitasnya sebagai emoji mono-ekspresi. Kita bisa bicara apapun setelah melihat trailernya yang meh, tapi yang jelas, lelucon soal sang Profesor X, Patrick Stewart yang bermain sebagai emoji eek luar biasa memalukan dan kocak.

Sutradara Tony Leondis
Pemain T.J. Miller, James Corden, Anna Faris


Juga tayang bulan ini Let's Go JETS!, adaptasi kisah nyata dari klub cheerleader SMA Fukui Chuo yang berhasil mengikuti kompetisi di surganya klub cheerleader: USA Cheerdance Championship; Extortion, drama penyanderaan yang lagi-lagi dibintangi Barkhad Abdi; anime KanColle yang diangkat dari serial video game berjudul Kantai Collection; serta film Korea The Battleship Island yang ceritanya mengenai usaha melarikan diri dari penjara kerja-paksa di Hashima Island.

Beberapa film lain yang tayang di Amerika tapi kemungkinan tidak/belum akan tayang di Indonesia antara lain A Ghost Story-nya David Lowery (Pete's Dragon) yang dibintangi Casey Affleck dan Rooney Mara mengenai seorang hantu yang kembali ke kampung halaman untuk berjumpa kembali dengan sang istri; film period Lady Mabeth yang dibintangi Florence Pugh; Wish Upon, horor dari John R. Leonetti (Annabelle); komedi mengenai cewek-cewek yang menggila Girls Trip yang dibintangi Jada Pinkett Smith dan Queen Latifah; serta Atomic Blonde yang akan menjadi wadah bagi Charlize Theron untuk mengeluarkan persona John Wick-nya.

Film-film lokal lain yang juga tayang bulan ini antara lain komedi-romantis Mars Met Venus (Part Cewe) yang dibintangi Ge Pamungkas dan Pamela Bowie; drama reliji Bukan Cinta Malaikat yang dibintagi Fachry Albar sebagai relawan muslim di Timur Tengah; serta Ten: The Secret Mission dimana 10 model majalah dewasa bermain sebagai 10 agen rahasia yang harus menyelamatkan anak duta besar Amerika. Benar, anda tak salah baca. (UPDATE: Saya baru dapat kabar bahwa Petak Umpet Minako dan Psikopat akan tayang pada 27 Juli mendatang).


Sekian rekomendasi film bulan ini. Jika ada film yang terlewatkan atau anda mempunyai rekomendasi yang tak saya cantumkan disini, silakan dimasukkan ke kolom komentar di bawah.

Jadi apa saja film yang akan anda tonton bulan ini? ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem
BAGIKAN

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top