0

10 Rekomendasi Film Agustus 2017

Dari 'Annabelle: Creation', 'Cars 3', 'Atomic Blonde', 'Bad Genius', hingga 'Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2', berikut adalah rekomendasi film dari UlasanPilem bulan ini.

Fiuh. Bulan Juli adalah pertunjukan summer season yang sesungguhnya. Kita disuguhkan film-film blockbuster yang memuaskan semacam Spider-Man: Homecoming, War for the Planet of the Apes, hingga Dunkirk. Well, mungkin tidak dengan Baywatch. Tapi anda tahu maksud saya jika kita membandingkan dengan dua bulan sebelumnya yang dipenuhi dengan film franchise yang mengecewakan.

Sekarang bulan Agustus dan Amerika memasuki musim gugur yang berarti sajian musim panas akan segera berakhir. Tak perlu khawatir, karena kita masih akan disuguhkan dengan tontonan yang variatif. Tak hanya impor, namun juga film lokal diisi dengan berbagai genre, mulai dari komedi, drama, horor (tentu saja), dan dokumenter (anda pasti tak menduga yang ini).

Mari kita lihat apa saja rekomendasi UlasanPilem di bulan ini. Perlu diingat bahwa rekomendasi ini bersifat subyektif dan referensinya saya susun berdasarkan faktor eksternal film. Tentunya, saya tak bisa menjamin kualitas film yang direkomendasikan sebelum ditonton.

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Penayangan tergantung distributor film, jadi saya tak bisa memberikan tanggal pasti. Untuk melihat jadwal tayang pasti silakan klik disini.

Baiklah, berikut daftar rekomendasi bulan ini.

* = Top Recommendations


#01 The Dark Tower

Tayang: Agustus

Tahun ini, kita akan mendapatkan dua film adaptasi dari novel Stephen King. Dan jika disuruh menebak, saya memilih The Dark Tower sebagai film yang akan berakhir buruk. Meski begitu, tetap saja saya tak bisa menahan rasa penasaran untuk menyaksikan Idris Elba dan Matthew McConaughey berusaha saling membunuh di semesta fantasi, yang jika setia dengan novelnya, begitu kompleks dan imersif. Elba adalah gunslinger pelindung "Dark Tower" yang menjadi kunci alam semesta, sedangkan McConaughey merupakan musuh bebuyutannya

Lalu bagaimana cara merangkum 8 novel menjadi satu film? Para pembuat film tak melakukannya. Mereka lebih memilih untuk mengambil elemen dasar dari novel lalu membuatkannya menjadi cerita baru. Film ini kabarnya akan menjadi pembuka bagi franchise yang terdiri dari beberapa film dan serial TV. Proyek yang ambisius, tapi yang ini harus sukses dulu.

Sutradara Nikolaj Arcel
Pemain Idris Elba, Matthew McConaughey


#02 Banda the Dark Forgotten Trail *

Tayang: 3 Agustus

Rasanya tak pernah kita mendapati sebuah film dokumenter lokal se-high-profile ini tayang di bioskop umum. Tunggu. Saya koreksi: rasanya tak pernah kita mendapati sebuah film dokumenter lokal tayang di bioskop umum. Jadi sayang jika melewatkan Banda the Dark Forgotten Trail. Yang punya ide nekat ini adalah Sheila Timothy, produser Modus Anomali dan Tabula Rasa. Oh, dan filmnya dinarasikan oleh Reza Rahadian.

Temanya sendiri terdengar membosankan karena soal sejarah (pecinta sejarah, maafkan saya), namun juga terbilang unik karena menyoroti tentang Kepulauan Banda yang pernah menjadi pusat sumber daya rempah yang terkenal hingga ke Eropa. Sheila bilang bahwa film ini juga akan menyentil tema nasionalisme, sebagaimana yang dilakukan oleh pemerintah Cina pada sejarah jalur sutra.

Sutradara Jay Subyakto
Narator Reza Rahadian, Ario Bayu


#03 Annabelle: Creation *

Tayang: 9 Agustus

Sebagai spinoff The Conjuring, saya kira semua setuju bahwa Annabelle tak bisa disejajarkan dengan film James Wan tersebut. Namun setidaknya ia sukses secara komersil (meraup $256 juta dari bujet $6,5 juta) yang pada akhirnya membuat Warner Bros memberi lampu hijau bagi film berikutnya, Annabelle: Creation. Berita baiknya, film ini melakukan apa yang dilakukan Ouija: Origin of Evil pada Ouija, yaitu menebus dosa dari pendahulunya.

Merupakan prekuel dari Annabelle, Annabelle: Creation menceritakan tentang asal mula boneka setan tersebut. Film ini premier di LA Film Festival dengan tanggapan yang sangat bagus dari kritikus. Sutradaranya adalah David F. Sandberg yang menyuguhkan kita Lights Out, salah satu film horor dengan jumps-scares paling efektif yang pernah saya temui.

Sutradara David F. Sandberg
Pemain Stephanie Sigman, Talitha Bateman, Anthony LaPaglia


#04 The Hitman's Bodyguard

Tayang: Agustus

The Hitman's Bodyguard terlihat sebagai film aksi-komedi receh, ditambah dengan fakta bahwa sang sutradara, Patrick Hughes adalah orang di balik The Expendables 3. Namun film ini juga bisa jadi merupakan kejutan yang asyik, melihat bagaimana ia menarik nama seperti Ryan Reynolds, Samuel L. Jackson, dan Gary Oldman. Deadpool, Nick Fury, dan Komisaris Gordon dalam satu film? Siap.

Sinopsisnya seperti sudah pernah kita dengar. Seorang agen dipaksa bekerja sama dengan seorang pembunuh bayaran tenar karena mereka diburu oleh penjahat yang lebih keji. Sangat generik, jadi sekarang tergantung bagaimana kesuksesan leluconnya. Ngomong-ngomong, satu poin tambahan untuk poster yang memparodikan poster ikonik The Bodyguard.

Sutradara Patrick Hughes
Pemain Ryan Reynolds, Samuel L. Jackson, Gary Oldman


#05 Turah

Tayang: 16 Agustus

Turah adalah film yang sudah malang melintang di berbagai festival sejak tahun lalu dan kita tak tahu kenapa mereka seribut itu, setidaknya sampai film tayang pada 16 Agustus mendatang. Film ini memenangi piala dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival dan Singapore International Film Festival. Jadi seharusnya bagus dong?

Ceritanya sendiri sangat Indonesia sekali; mengenai kehidupan masyarakat Kampung Tirang di Kota Tegal yang mengalami isolasi selama bertahun-tahun yang kemudian memunculkan berbagai problema. Untuk proses produksinya, sutradara Wicaksono Wisnu Legowo menggandeng para aktor teater dan masyarakat sekitar. Sebelum menonton, mungkin anda perlu tahu bahwa sebagian besar dialognya berbahasa Jawa dengan dialek Tegal.

Sutradara Wicaksono Wisnu Legowo
Pemain Ubaidilah, Slamet Ambari, Yono Daryono


#06 Cars 3

Tayang: 16 Agustus

Cars merupakan merchandise maker yang luar biasa sukses, namun boleh dibilang franchise ini bukanlah produk yang membanggakan bagi Pixar. Saya pribadi merasa dua filmnya cukup derivatif dan khusus disasar untuk anak-anak, berbeda dengan kebanyakan film Pixar lain yang emosional dan sama-sama mengena bagi anak-anak dan orang dewasa. Hal ini mungkin akan berubah karena bos Pixar, John Lasseter bilang bahwa Cars 3 akan menjadi "film Pixar". Dan ini tercermin dari konsensus kritikus yang bilang bahwa film ini merupakan peningkatan dari pendahulunya.

Cars 3 tampaknya bakalan lebih berat, dimana ceritanya mengenai Lightning McQueen (Owen Wilson) yang berjuang keras untuk mendapat kesempatan kembali ke arena balap setelah mengalami kecelakaan parah. Ia dibantu teknisi baru, Cruz (Cristela Alonzo), namun rival barunya, Jackson Storm (Armie Hammer) juga tak kalah tangguh

Sutradara Brian Fee
Pengisi suara Owen Wilson, Cristela Alonzo, Armie Hammer


#07 Atomic Blonde

Tayang: 16 Agustus

Tentu saja, kita pernah melihat Charlize Theron sebagai bintang film aksi lewat film seperti Fast & Furious 8 dan Mad Max: Fury Road. Namun sebuah film dimana ia benar-benar menghajar orang? Oke, Aeon Flux, tapi kita setuju takkan lagi membicarakan bencana yang satu ini. Dalam Atomic Blonde, Theron mengeluarkan persona John Wick-nya. Diangkat dari novel grafis berjudul The Coldest City, ia bermain sebagai agen MI6 yang ditugaskan menyelidiki kematian para agen lain.

Jika dilihat dari trailernya, film ini punya koreografi yang stylish dan skema warna neon yang menyilaukan mata. Mirip dengan John Wick? Pastinya, karena yang menggarapnya adalah David Leitch, satu dari dua sutradara John Wick. Film ini sudah dirilis bulan lalu di Amerika, dimana kritikus mengkritisi plotnya yang meh. Namun, saya rasa kita sudah puas dengan Theron yang berjumpalitan, menembak, berlarian, menonjok, dan membantai orang. Pernah melihat Theron membunuh orang dengan sepatu hak tinggi?

Sutradara David Leitch
Pemain Charlize Theron, James McAvoy


#08 Bad Genius

Tayang: 17 Agustus

Bukan saja menjadi film Thailand pertama, Bad Genius merupakan film dari Asia Tenggara pertama yang menjadi pembuka dalam New York Asian Film Festival. Oh, tak hanya itu. Film ini bahkan menjadi Best Feature dalam festival tersebut. Bad Genius telah tayang sejak Mei lalu di kampung halamannya, dan menjadi film Thailand terlaris di 2017 sejauh ini.

Filmnya bercerita tentang murid cerdas yang menjadi joki dalam ujian akademik yang kasusnya berlanjut hingga ke level internasional. Beberapa review memuji konsep filmnya yang mengangkat tema yang sangat familiar lalu mengemasnya menjadi heist thriller ala Hollywood yang menegangkan sembari menyentil isu sistem pendidikan di Thailand. Ini baru namanya hiburan berkualitas.

Sutradara Nattawut Poonpiriya
Pemain Chutimon Chuengcharoensukying, Chanon Santinatornkul, Teeradon Supapunpinyo


#09 Death Note

Tayang: 25 Agustus

Baiklah. Ini bisa dibilang curang, karena Death Note memang tidak tayang di bioskop. Tapi, kita bisa dengan mudah mendapatkannya lewat gadget masing-masing yang bisa kita tonton dimanapun. Diadaptasi dari manga populer karya Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba, ceritanya tentang Light Turner yang mendapatkan catatan yang bisa membunuh orang. Ia kemudian diburu oleh detektif cerdas yang punya nama alias L.

Sejak awal tahun, film ini sudah didera kontroversi karena melakukan whitewashing pada karakternya. Namun Adam Wingard beralasan bahwa ia mengubah materi orininalnya agar lebih relevan dengan situasi sosial di Amerika. Sebagai penggemar manga-nya, saya menelan ludah. Lalu saya ingat bahwa Wingard pernah memberikan horor-thriller You're Next dan The Guest yang sangat saya sukai. Mungkin, mungkin ya, Death Note ini takkan seburuk yang saya kira.

Sutradara Adam Wingard
Pemain Nat Wolff, Margaret Qualley, Keith Stanfield


#10 Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2

Tayang: 31 Agustus

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 adalah film lokal terlaris sepanjang masa (6.858.616 penonton!). Sebanyak itu sehingga saya mengasumsikan hampir semua dari anda pasti sudah menonton film tersebut. Oleh karena itu, masih haruskah saya menjelaskan tentang sekuelnya yang berjudul Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 ini?.

Dalam rangka mencari harta karun untuk membayar hutang agar mereka tidak masuk penjara, Dono , Kasino, dan Indro bertualang ke Malaysia, hingga terdampar di sebuah pulau angker yang tak berpenghuni manusia. Tak berpenghuni manusia harus saya sebutkan karena dari sinopsisnya pulau ini sebenarnya punya penghuni, namun mereka adalah hantu yang menyeramkan tapi menggelikan (?). Abimana Aryasatya, Vino G Bastian, dan Tora Sudiro masih bermain sebagai trio DKI, sementara Anggy Umbara kembali duduk di kursi sutradara.

Sutradara Anggy Umbara
Pemain Vino G Bastian, Abimana Aryasatya, Tora Sudiro


Film-film lain yang juga akan tayang bulan ini diantaranya passion project-nya Luc Besson, Valerian and the City of Thousand Planets; aksi-komedi One Upon a Time in Venice yang dibintangi Bruce Willis dan Jason Momoa; Jab Harry Met Sejal yang dibintangi Shah Rukh Khan; animasi The Emoji Movie yang baru saja menggemparkan dunia maya dengan reputasinya yang luar biasa buruk; serta film Korea The Battleship Island yang bercerita tentang usaha kabur dari penjara Hashima Island yang dilakukan oleh tawanan kerja paksa.

Beberapa film yang juga tayang di Amerika bulan ini, tapi belum/tidak tayang disini diantaranya Detroit dari Kathryn Bigelow; Wind River-nya Taylor Sheridan yang dibintangi Jeremy Renner dan Elizabeth Olsen; reuni sutradara Destin Daniel Cretton dengan Brie Larson, The Glass Castle; animasi The Nut Job 2 yang belum terdengar gaungnya hingga sekarang; serta The Only Living Boy in New York dari Marc Webb yang dibintangi Kate Beckinsale dan Jeff Bridges.

Film lokal lain yang juga tayang bulan ini antara lain filmnya anak Raffi Ahmad, Rafathar; horor Rumah Kucing yang dibintangi Masayu Anastasia; komedi romantis Mars Met Venus (Part Cowo); A: Aku, Benci, dan Cinta yang dibintangi Jefri Nichol yang mungkin punya 25 sekuel lagi; perjuangan Ernest Prakasa, Younglex, dan Han Yoo Ra menjadi youtubers dalam The Underdogs; serta horor The Real Parakang: Warisan Berdarah, karena yang sebelumnya bukan film Parakang yang real.


Sekian rekomendasi film bulan ini. Jika ada film yang terlewatkan atau anda mempunyai rekomendasi yang tak saya cantumkan disini, silakan dimasukkan ke kolom komentar di bawah.

Jadi apa saja film yang akan anda tonton bulan ini? ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top