0

Live-Action 'Akira' akan Dibintangi Aktor Asia

Dengan dikembangkannya satu film live-action adaptasi anime baru yang bertajuk 'Akira', tentu fans akan penasaran apakah isu whitewashing kembali terulang.

Bukan rahasia lagi jika isu whitewashing telah menjadi persoalan klasik di film-film Hollywood. Dipilihnya seorang aktor sebagai pemeran karakter yang tak sesuai dengan latar belakang ras atau budayanya tak jarang bisa menyulut kontroversi. Isu ini pun biasanya kerap terjadi di film live-action adaptasi anime, dan yang terbaru ada Ghost in the Shell plus Death Note yang diwarnai kontroversi tersebut. Kini seiring dikembangkan satu film live-action adaptasi anime baru yang bertajuk Akira, tentu fans akan penasaran apakah isu whitewashing kembali terulang. Beruntung, Taika Waititi sang calon sutradara Akira cukup bijak untuk mencegah terjadinya kontroversi ini.

Saat ditemui IGN, Waititi ditanyai apa rencananya terhadap casting pemeran utama Akira. Dengan gamblangnya, Waititi menyatakan bahwa ia berjanji merekrut aktor remaja asal Asia yang belum dikenal banyak orang. Janji Waititi pun disambut positif oleh para fans, dan rencana Waititi seolah juga mendukung keputusan Ed Skrein yang mundur dari Hellboy karena isu whitewashing, sebeum akhirnya ia digantikan Daniel Dae Kim.

Lebih dari itu, Waititi juga menegaskan kabar dirinya akan menyutradarai Akira masih sebatas rumor, dan belum ada kesepakatan. Namun di sisi lain, Wititi membenarkan bahwa ia sempat berdiskusi dengan pihak Warner Bros. terkait posisi sutradara. Disamping itu, ia juga mengakui sangat menyukai manga Akira dan film animenya yang dirilis 1988 silam. Waititi kemudian mengungkapkan ia tak berniat meremake film anime tersebut, da sebaliknya, ia justru menjadikan manga sebagai sumber materi filmnya nanti.

Dengan setting dunia dystopia bernuansa cyberpunk, Akira mengisahkan perjuangan seorang pemimpin geng motor, Shōtarō Kaneda, dalam menyelamatkan sahabatnya, Tetsuo Shima, yang hendak dijadikan objek eksperimen karena memiliki kekuatan super yang mengancam militer. Kabarnya WB bersama Legendary akan memproduksi dua film Akira yang masing-masing mengadaptasi tiga volume dari manganya. ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top