0

9 Rekomendasi Film November 2017

Dari 'Jigsaw', 'Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak', 'Justice League', sampai 'Coco', berikut adalah rekomendasi film dari UlasanPilem bulan ini.

Kalau diingat-ingat, Oktober merupakan film yang cukup berat buat box office. Benar Happy Death Day dan Boo 2! A Madea Halloween (di Amerika) menjadi dua lagi film horor berbujet minim yang menguntungkan. Tapi coba lihat nasib The Snowman (salah satu kolaborasi menjanjikan tahun ini), Geostorm (film bencana berbujet $120 juta), dan Suburbicon (film yang digadang-gadang jadi kontender Oscar) yang hancur lebur. Film yang bagus pun tak luput dari nasib naas, termasuk Blade Runner 2049, Only the Brave, dan Thank You For Your Service yang tak terlalu memantik minat penonton.

Namun bulan ini sepertinya akan lebih cerah. Sebab November akan diisi oleh film-film yang high profile, diantaranya film superhero, animasi dari studio tenar, film detektif bertabur bintang, sampai sekuel komedi sukses. Film lokal sendiri juga tak kalah berlimpah dan variatif. Total ada 14 film yang direncanakan tayang, yang semuanya terdiri dari berbagai genre: drama, horor, biopik, dan superhero!

Mari kita lihat apa saja rekomendasi UlasanPilem di bulan ini. Perlu diingat bahwa rekomendasi ini bersifat subyektif dan referensinya saya susun berdasarkan faktor eksternal film. Tentunya, saya tak bisa menjamin kualitas film yang direkomendasikan sebelum ditonton.

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Penayangan tergantung distributor film, jadi saya tak bisa memberikan tanggal pasti. Untuk melihat jadwal tayang pasti silakan klik disini.

Baiklah, berikut daftar rekomendasi bulan ini.

* = Top Recommendations


#01 Thank You for Your Service

Tayang: 1 November

Tak lama setelah Only the Brave, kita bisa bertemu lagi dengan Miles Teller lewat Thank You Your Service. Film ini memang sudah tayang sejak minggu lalu di Amerika, namun masih terbilang mengejutkan bagaimana sigapnya PT Overseas Korean Television Network memboyongnya ke bioskop lokal mengingat status filmnya yang tak begitu menjanjikan secara komersil.

Dalam film ini, Teller bermain sebagai tentara Amerika penderita post traumatic stress disorder (PTSD) yang kesulitan beradaptasi di kehidupan normalnya di rumah. Konsensus kritikus bilang bahwa filmnya "menangkap potret yang kuat mengenai tentara yang harus berkutat dengan dampak mengerikan dari perang". Penonton lebih puas lagi dengan memberikannya CinemaScore nyaris sempurna, "A-".

Sutradara Jason Hall
Pemain Miles Teller, Haley Bennett, Joe Cole


#02 Hujan Bulan Juni

Tayang: 2 November

Saya tak membaca bukunya tapi saya tahu bahwa Hujan Bulan Juni adalah novel puitis yang cukup populer di kalangan anak-anak muda kekinian (saya sudah membuktikannya dari, uhm, seseorang). Penulisnya adalah Sapardi Djoko Damono, sastrawan yang puisinya berisi kata-kata sederhana tapi tetap memikat sebagai karya pujangga. Nah, anda bisa menyimpulkan sendiri kenapa bukunya tersebut bisa laris manis di pasaran sampai menarik perhatian Sinema Imaji dan Starvision untuk membuatkannya film yang dibintangi anak muda kekinian pula, Adipati Dolken dan Velove Vexia.

Ceritanya sebenarnya tak begitu kekinian sih. Adipati bermain sebagai Sarwono, dosen antropologi yang menjalin hubungan dengan Pingkan (Velove), seorang dosen Sastra Jepang. Hubungan mereka sayangnya harus terjegal karena masalah perbedaan suku. Benar sekali, kedua anak muda ini akan bermain serius sebagai orang dewasa dengan konflik dewasa dalam film yang dewasa pula. Belum lagi masalah pengejawantahan prosa ke format layar layar yang tak segampang itu. Apakah sutradara Reni Nurcahyo Hestu Saputra mampu melakukannya? Menarik.

Sutradara Reni Nurcahyo Hestu Saputra
Pemain Adipati Dolken, Velove Vexia, Baim Wong


#03 Jigsaw

Tayang: 8 November

Siapa yang menyangka bahwa film terbaru Saw yang berjudul Jigsaw akan tayang di bioskop kita? Tanpa sensor pula? Ini adalah berita bagus sekaligus berita buruk. Bagusnya, yaa, kita bisa menonton sebuah film Saw di bioskop. Buruknya, dengan lulus sensornya film ini tanpa pemotongan berarti ia tak sesadis yang kita duga. Jujur saja, anda juga menonton film-film Saw karena ingin melihat adegan berdarah-darah, bukan?

Jigsaw ditargetkan oleh Lionsgate untuk membangkitkan kembali franchise Saw yang sudah terkubur lama. Disutradarai oleh Spierig Brothers, film ini mengambil waktu 11 tahun pasca kematian sang Jigsaw orisinal John Kramer dan diisi dengan karakter yang sama sekali baru. Filmnya sudah tayang di Amerika sejak minggu lalu dengan respon kritikus dan perolehan box office yang tak terlalu menggembirakan. Meski begitu, tujuh kali Halloween berlalu tanpa film Saw, apa anda tak rindu?

Sutradara The Spierig Brothers
Pemain Matt Passmore, Callum Keith Rennie, Clé Bennett


#04 My Generation

Tayang: 9 November

Ada banyak film lokal remaja tapi tak banyak yang memikat. Ada beberapa yang cukup bagus tapi jarang sekali ada yang benar-benar mewakili remaja. Salah satu film yang kemungkinan besar menjadi pengecualian adalah My Generation, film terbaru dari Upi. Lewat film ini, Upi mengaku bahwa "seperti balik ke akarnya saya membuat film remaja". Sebuah klaim yang menjanjikan dari sutradara yang pernah menyuguhkan kita film remaja ikonik macam 30 Hari Mencari Cinta dan Realita Cinta dan Rock'n Roll.

Film ini katanya akan mencoba memotret kehidupan remaja kekinian yang lebih pelik daripada generasi sebelumnya. Penyebabnya apa lagi kalau bukan mereka yang begitu dekat dengan gadget dan media sosial, karena anda tahulah, 90% drama kehidupan berasal dari medsos. Sepertinya film ini merupakan proyek yang lumayan idealis dari Upi. Bahkan untuk empat tokoh utamanya, Upi memilih pemain-pemain baru yang relatif tak terkenal (Arya Vasco, Bryan Warow, Lutesha, Alexandra Kosasie) alih-alih bintang remaja yang tengah naik daun.

Sutradara Upi
Pemain Arya Vasco, Bryan Warow, Lutesha


#05 Justice League

Tayang: 16 November

Tak film yang lebih seru ditunggu tahun ini daripada Justice League (iya, bahkan tidak dengan Star Wars: The Last Jedi). Ini adalah film yang penting. Apapun hasil akhirnya nanti, orang-orang akan dibuat ribut. Semisal jelek, sudah pasti heboh karena DC Extended Universe (DCEU) akan semakin jadi bulan-bulanan pemirsa. Dan kalau bagus, penggemar DCEU akhirnya akan punya bahan untuk membalas cibiran selama ini. Hal ini membuktikan bahwa tim jagoan mereka layak bersaing dengan tim toko sebelah. Ujung-ujungnya, ribut juga.

Film ini merupakan even yang besar dalam DCEU karena menjadi pertunjukan gabungan antara jagoan top DC: Batman, Wonder Woman, The Flash, Aquaman, Cyborg, dan Superman. Warner Bros sudah berhasil menunjukkan bahwa mereka bisa menggarap film superhero yang bagus lewat Wonder Woman. Akankah Justice League meraih prestasi serupa? Gosip di belakang layar tak terdengar menggembirakan, tapi semoga apa yang ditangani oleh Joss Whedon (The Avengers), yang mengambil alih posisi sutradara dari Zack Snyder, tak sia-sia belaka.

Sutradara Zack Snyder
Pemain Ben Affleck, Henry Cavill, Gal Gadot


#06 Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak *

Tayang: 16 November

Ini dia film lokal paling high-profile tahun ini (atau mungkin bahkan beberapa tahun belakangan). Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak atau judul kerennya Marlina: The Murderer in Four Acts sudah berkelana di berbagai festival film internasional, termasuk dua festival bergengsi Cannes Film Festival dan Toronto Internasional Film Festival. Film lokal terakhir apa yang anda ingat pernah tayang disana? Rencananya, film ini juga akan tayang di 18 negara, termasuk Amerika, Kanada, dan beberapa negara di Eropa.

Digarap oleh Mouly Surya (fiksi., What They Don't Talk About When They Talk About Love), film ini bercerita tentang seorang janda (Marsha Timothy) yang baru saja membantai bos perampok yang menyatroni rumahnya. Jangan main-main dengan Marlina, ini adalah film yang berating "21+". Dan jika membaca sinopsisnya, anda yang berperut lemah mungkin harus mempertimbangkan ulang untuk menontonnya, kalau judulnya yang menampilkan kata "Pembunuh" belum cukup untuk itu.

Sutradara Mouly Surya
Pemain Marsha Timothy, Dea Panendra, Yoga Pratama


#07 Daddy's Home 2

Tayang: November

Kritikus bilang filmnya tak lucu-lucu amat, tapi penonton sepertinya tak setuju. Terbukti dari raihan box office-nya yang mencapai $243 juta dari seluruh dunia, padahal saat itu bersaing dengan Star Wars: The Force Awakens. Laba ini menjadikannya sebagai film terlaris sepanjang karir Will Ferrell... kecuali kalau ia dilewati oleh Daddy's Home 2! Benar sekali. Jika sebuah film semenguntungkan itu, mustahil Hollywood tak memproduksi sekuelnya.

Masih digarap oleh Sean Anders, dalam film ini Ferrell yang sudah sohiban sama Mark Wahlberg akan diganggu oleh ayah mereka masing-masing yang diperankan oleh Mel Gibson dan John Lithgow. Jika penasaran dengan apa yang terjadi dengan John Cena yang muncul di akhir film pertama, maka anda tak perlu khawatir, karena jika dilihat dari urutan cast, Cena sepertinya punya porsi peran yang lumayan.

Sutradara Sean Anders
Pemain Will Ferrell, Mark Wahlberg, Mel Gibson


#08 Murder on the Orient Express

Tayang: November

Sebagai seorang pembaca setia novel-novel Agatha Christie, saya gembira sekali mendengar bahwa salah satu novel ikoniknya, Murder on the Orient Express akan dibuat ulang. Apalagi filmnya bertabur bintang. Mulai dari Kenneth Brannagh, Penelope Cruz, Willem Dafoe, Judi Dench, Daisy Ridley, Michelle Pfeiffer, Josh Gad, sampai Johnny Depp. Tak kalah dari adaptasi sebelumnya yang dirilis di tahun 1974 yang diisi oleh nama top di jamannya seperti Albert Finney, Lauren Bacall, Ingrid Bergman, Sean Connery, dan Anthony Perkins.

Soal misteri, kita bahas nanti. Tapi trailernya mengindikasikan bahwa film ini akan menjadi film mentereng dengan tata produksi yang sangat mewah. Yang jadi perhatian saya berikutnya adalah Brannagh (Hamlet, Cinderella). Bukan karena ia yang merangkap bermain sebagai tokoh utama sekaligus menjadi sutradara, melainkan karena perwujudan karakternya yang, uhm, sangat over-the-top dengan kumis yang luar biasa epik. Saya berharap filmnya seepik kumis detektif hebat, Hercule Poirot tersebut.

Sutradara Kenneth Brannagh
Pemain Kenneth Branagh, Penélope Cruz, Willem Dafoe


#09 Coco *

Tayang: November

Momen yang dinanti telah tiba. Setelah Finding Dory dan Cars 3, Pixar akan kembali menghadirkan sebuah animasi orisinal lewat film ke-19 mereka yang berjudul Coco. Ini adalah animasi orisinal pertama mereka sejak The Good Dinosaur. Ceritanya tentang Miguel, bocah berusia 12 tahun yang berpetualang ke dunia kematian yang berujung pada reuni keluarga yang luar biasa. Demi film ini, kru Pixar berangkat langsung ke Meksiko untuk mengunjungi festival "The Day of the Dead" yang merupakan latar utama filmnya.

Kedengarannya memang mirip dengan animasi The Book of Life, tapi bukan Pixar namanya kalau tak menyuguhkan sesuatu yang baru. Visualnya sudah pasti mempesona dan detail. Urusan mengaduk-aduk emosi? Yang menggarap filmnya adalah Lee Unkrich, sutradara yang mampu membuat anak-anak dan orang dewasa menangis bareng lewat Toy Story 3. Jadi, awas saja nanti kalau kita tak dibuat sesenggukan. Temanya tentang keluarga dan kematian, lho.

Sutradara Lee Unkrich
Pengisi suara Anthony Gonzalez, Gael García Bernal, Benjamin Bratt


Film-film yang kemungkinan juga telah/akan tayang bulan ini antara lain remake Flatliners; The Snowman (yang tadi saya bilang), film thriller yang dibintangi Michael Fassbender; Chasing the Dragon dimana Andy Lau akan berhadapan dengan Donnie Yen; anime Fireworks; dan Logan Lucky-nya Steven Soderbergh yang sudah lama tertunda.

Di Amerika, awards season sudah dimulai yang berarti calon-calon kontender Oscar akan mulai bermunculan. Ada Lady Bird yang dibintangi Saoirse Ronan; Three Billboards Outside Ebbing, Missouri-nya Martin McDonagh; Darkest Hour dimana Gary Goldman bermain Churchill; serta Call Me by Your Name milik Luca Guadagnino.

Selain yang sudah saya sebutkan tadi, film lokal lainnya adalah horor Gasing Tengkorak yang dibintangi Nikita Willy; drama Kaili: Karena Aku Ingin Kembali; biopik dari pencipta lagu "Indonesia Raya", Wage; horor Mata Batin yang dibintangi Jessica Mila; adaptasi trit horor tenar dari forum KasKus, Keluarga Tak Kasat Mata; animasi Knight Kris yang posternya keren; adaptasi komik superhero Valentine; horor terbaru dari Nayato Fio Nuala, After School Horror 2; film anak-anak Naura and the Genk yang dibintangi penyanyi cilik Naura; serta komedi Mau Jadi Apa? dimana Soleh Solihun berhasil masuk seleksi Universitas Padjadjaran (iya).


Sekian rekomendasi film bulan ini. Jika ada film yang terlewatkan atau anda mempunyai rekomendasi yang tak saya cantumkan disini, silakan dimasukkan ke kolom komentar di bawah.

Jadi apa saja film yang akan anda tonton bulan ini? ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top