0

10 Rekomendasi Film Desember 2017

Dari 'Jumanji: Welcome to the Jungle', 'Star Wars: The Last Jedi', 'Susah Sinyal', sampai 'Pitch Perfect 3', berikut adalah rekomendasi film dari UlasanPilem bulan ini.

Desember. Tak terasa sekarang sudah akhir tahun. Berarti sudah waktunya bagi kita untuk duduk merenungi kemageran selama setahun dan mengontemplasikan sudah berapa banyak resolusi 2017 yang takkan bisa kita capai dalam 4 minggu ke depan. Eh, atau saya saja yang begitu? Dalam hal ini, di tahun ini saya gagal menyusun daftar peringkat film terbaik 2015 dan 2016 yang sudah tertunda lama. Mungkin lain waktu? Buat saat ini, maafkan saya.

Ngomong-ngomong, akhir tahun adalah lebarannya pencinta film. Akan ada banyak sekali film yang sangat variatif yang akan dirilis di bioskop. Di jalur mainstream, kita akan disuguhkan dengan film-film blockbuster spesial liburan. Sedangkan bagi yang ingin lebih serius, bisa menemukan film-film berkelas yang menjadi andalan studio untuk berlaga di awards season awal tahun depan.

Mari kita lihat apa saja rekomendasi UlasanPilem di bulan ini. Perlu diingat bahwa rekomendasi ini bersifat subyektif dan referensinya saya susun berdasarkan faktor eksternal film. Tentunya, saya tak bisa menjamin kualitas film yang direkomendasikan sebelum ditonton.

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Penayangan tergantung distributor film, jadi saya tak bisa memberikan tanggal pasti. Untuk melihat jadwal tayang pasti silakan klik disini.

Baiklah, berikut daftar rekomendasi bulan ini.

* = Top Recommendations


#01 Chrisye

Tayang: 7 Desember

Entah benar-benar terjadi atau tidak, tapi film Chrisye ini sebenarnya tak perlulah ditebengkan dengan kisah mistisnya di kala syuting sebagaimana yang banyak diangkat oleh media hits tanah air. Chrisye adalah sosok yang sangat legendaris. Hampir tak ada yang tak mengenalnya dan gimmick seperti ini, menurut saya pribadi, kurang berkelas.

Film ini akan bercerita tentang perjalanan karir dari Chrisye mulai dari remaja sampai akhirnya membuktikan diri dengan menelurkan album lokal terlaris sepanjang masa "Aku Cinta Dia". Vino G Bastian akan bermain sebagai sang legenda, sementara Velove Vexia menjadi Damayanti Noor, istri mendiang Chrisye. Sebagai tambahan, kita akan melihat banyak aktor muda memerankan tokoh tenar seperti Guruh Soekarno Putra, Sys NS, Addie MS, Jay Subiakto, dan Taufik Ismail. Figur yang hebat dengan karya yang hebat selayaknya mendapat biopik yang hebat pula.

Sutradara Rizal Mantovani
Pemain Vino G Bastian, Velove Vexia, Dwi Sasono


#02 Star Wars: The Last Jedi *

Tayang: 13 Desember

Film ini terdiri dari tiga kata yang sangat ingin anda dengar dari sebuah film: "Star", "Wars", dan "Jedi". Tak perlu penjelasan lagi. Saya yakin anda pasti sudah siap untuk memesan tiketnya. Yang jelas, saking puasnya Disney dengan hasil kerja Rian Johnson disini, sang sutradara ini lantas direkrut untuk menggarap trilogi baru Star Wars.

Sutradara Rian Johnson
Pemain Daisy Ridley, John Boyega, Adam Driver


#03 Ferdinand

Tayang: Desember

Anda kira tak ada film yang berani menantang sang raksasa Star Wars di minggu yang sama? Pfft. Film yang nekat tersebut adalah Ferdinand, animasi dari 20th Century Fox yang diangkat dari buku anak yang mungkin sudah tak dibaca lebih dari 7 dekade. Saya bilang begitu karena buku karangan Munro Leaf & Robert Dawson tersebut pertama kali diterbitkan pada 1936.

Ceritanya tentang seekor kerbau bernama Ferdinand yang cinta damai dan lebih memilih menciumi bunga daripada mengejar kain merah matador. Konfliknya terjadi ketika Ferdinand dibawa paksa ke dalam stadium untuk menjadi kerbau petarung. Sutradara filmnya adalah Carlos Saldanha yang pernah menggarap Ice Age dan Rio. Pengisi suara Ferdinand adalah John Cena yang itu lhoo. Jadi, kayanya ini akan jadi film yang bagus, mungkin?

Sutradara Carlos Saldanha
Pengisi suara John Cena, Kate McKinnon, Anthony Anderson


#04 Jumanji: Welcome to the Jungle

Tayang: 20 Desember

Jumanji adalah film ikonik 90-an yang hanya kalah saing dari Home Alone. Itupun karena Home Alone terlalu sering diwara-wirikan di stasiun TV lokal setiap hari libur. Kata kritikus sih film ini tak bagus-bagus amat, namun ia sedemikian sukses hingga menjadi film terlaris kesepuluh di tahun perilisannya. Mungkin karena filmnya yang memang sangat seru, apalagi buat keluarga. Nah, Jumanji: Welcome to the Jungle adalah sekuel langsung dari Jumanji tapi mengambil cerita yang sama sekali berbeda.

Kali ini, empat remaja kekinian masuk ke dalam permainan Jumanji hanya untuk mendapati bahwa mereka sudah berganti tubuh menjadi Dwayne Johnson, Kevin Hart, Karen Gillan, dan Jack Black. Setelah ikhlas dengan nasib (terutama yang menjadi Jack Black), mereka bertekad untuk menyelesaikan permainan agar bisa kembali ke dunia nyata. Seru? Belum tentu. Kocak? Dari trailer tampaknya begitu.

Sutradara Jake Kasdan
Pemain Dwayne Johnson, Kevin Hart, Karen Gillan


#05 Wonder *

Tayang: Desember

Wonder adalah film keluarga sederhana yang secara mengejutkan tampil fantastis beberapa minggu yang lalu di Amerika. Mendapat CinemaScore "A+", RottenTomatoes "85%", film yang dibintangi oleh Julia Roberts, Owen Wilson, dan Jacob Tremblay ini juga sukses secara komersil dengan meraih pendapatan $102 juta dari bujet yang hanya $20 juta.

Diadaptasi dari novel anak berjudul sama karya RJ Palacio, film ini mengangkat premis mengenai anak yang menderita sindrom "Treacher Collins" sehingga harus melakukan operasi rekonstruksi wajah berkali-kali. Bersama ayah dan ibunya, ia berjuang untuk membaur dengan anak-anak normal. Yep, pokoknya materi drama keluarga yang khusus ditujukan untuk membuat kita terharu lah. Akan tetapi, sudahkah saya memberi tahu anda bahwa film ini belum tentu akan tayang? Nah, sekarang anda tahu dan alasannya, tentu saja, karena importirnya adalah PT Prima Cinema Multimedia.

Sutradara Stephen Chbosky
Pemain Julia Roberts, Owen Wilson, Jacob Tremblay


#06 Susah Sinyal *

Tayang: 21 Desember

Dari dunia komika, Ernest Prakasa sukses masuk ke ranah sinema. Maksud saya bukan sebagai aktor, melainkan sebagai penulis skrip dan sutradara. Bagaimana tidak, dua filmnya yang lalu, Ngenest dan Cek Toko Sebelah tak hanya sukses meraup banyak penonton, tapi juga meraih nominasi di departemen skenario terbaik dalam ajang penghargaan film tertinggi di Indonesia, Festival Film Indonesia (FFI). Film terakhir bahkan mendapat 9 nominasi di FFI tahun ini.

Film terbarunya ini memakai formula komedi dan drama keluarga yang berhasil diracik sempurna dalam Cek Toko Sebelah. Ceritanya tentang seorang ibu (Adinia Wirasti) yang kesulitan berbaur dengan anak semata wayangnya (Aurora Robero) yang tengah beranjak remaja hingga mengantarkan keduanya sampai ke Sumba. Terdengar absurd, tapi demikian pula dengan premis memperebutkan warisan toko sembako sang ayah. Pertanyaannya sekarang: akankah Susah Sinyal menjadi hattrick bagi Ernest?

Sutradara Ernest Prakasa
Pemain Adinia Wirasti, Ernest Prakasa, Aurora Ribero


#07 Ayat-ayat Cinta 2

Tayang: 21 Desember

Hari gini bukan jamannya lagi nanya, "Kok yang main film Indonesia Reza (Rahadian) lagi Reza lagi?". Pertanyaan yang lebih hqq adalah: "ada apa dengan Fedi Nuril dan film mengenai (tendensi) poligami?". Tak sampai setahun setelah membuat Laudya Cynthia Bella dan Raline Shah galau setengah mati dalam Surga yang Tak Dirindukan 2, Fedi (kemungkinan besar) akan menghancurkan hati Tatjana Saphira / Chelsea Islan Dewi Sandra, atau malah ketiganya sekaligus. Teganya.

Fedi kembali bermain sebagai Fahri. Setelah ditinggalkan sang istri yang wafat dalam sebagai sukarelawan Gaza, Fahri memilih tinggal di Skotlandia. Namun pertemuan Fahri dengan ketiga wanita tadi akan menghasilkan banyak drama dan air mata, pastinya. Berita bagusnya adalah film kali ini disutradarai oleh Guntur Soeharjanto, sutradara terbaik FFI 2005 untuk film Juli di Bulan Juni.

Sutradara Guntur Soeharjanto
Pemain Fedi Nuril, Tatjana Saphira, Chelsea Islan


#08 The Greatest Showman

Tayang: Desember

Anda tahu P.T. Barnum? Masa anda tidak tahu. Seperti saya saja. Beliau adalah politisi, penulis, filantropis, dan pebisnis Amerika, tapi lebih diingat sebagai pendiri Barnum & Bailey Circus, kelompok sirkus yang (((katanya))) merupakan terbaik di dunia. The Greatest Showman adalah film tentang P.T. Barnum. Dan disini ia akan diperankan oleh Hugh Jackman yang sudah gantung cakar pasca film Logan.

Biopik ini akan berfokus pada cerita tentang bagaimana Barnum mendirikan sirkusnya. Demi keluarganya, Barnum menciptakan pertunjukan spektakuler yang belum pernah dilihat orang-orang sampai menimbulkan protes dari netizen masyarakat. Berformat musikal dengan lirik yang ditulis oleh tim La La Land, Benj Pasek dan Justin Paul, 20th Century Fox tampaknya cukup pede dengan film ini sampai memberikannya promosi yang cukup gencar.

Sutradara Michael Gracey
Pemain Hugh Jackman, Michelle Williams, Zac Efron


#09 Pitch Perfect 3

Tayang: Desember

Saya memang tak berbakat sama sekali menjadi tukang nujum. Ketika menonton Pitch Perfect lima tahun lalu, saya tak menyangka ia akan laku keras dan menjadi film komedi musikal terlaris kedua sepanjang masa. Sekuelnya, Pitch Perfect 2 lebih dahsyat lagi dengan mendongkel School of Rock sebagai pemegang film komedi musikal terlaris sepanjang masa. You pitches get ready, karena film penutupnya akan tayang akhir tahun ini.

Setelah terpisah pasca kelulusan, semua anggota tim Barden Bellas akan bersatu kembali untuk terakhir kalinya, termasuk Hailee Steinfeld yang baru bergabung di film kedua. Ceritanya, well, mereka akan bernyanyi dan menari dalam sebuah kompetisi. Kali ini lawan beratnya adalah tim yang memainkan lagu dan alat musik sendiri. Yah, saya tak begitu bisa menjelaskannya dengan akurat karena saya bukan pakar acapella dan film ini di luar spektrum menonton saya. Apapun itu, yang pasti penonton targetnya menganggapnya aca-mazing.

Sutradara Trish Sie
Pemain Anna Kendrick, Rebel Wilson, Hailee Steinfeld


#10 Si Juki the Movie

Tayang: 28 Desember

Saya pikir kita semua bisa setuju bahwa tak ada karakter komik lokal yang lebih populer saat ini daripada Si Juki. (Oke ada Benny & Mice, tapi mereka kurang populis, konsumsi oom-oom). Dimulai dari komik web lalu merambah ke komik cetak, karakter buatan Faza Meonk ini sekarang juga sudah malang melintang di dunia merchandise. Entah karena memang sedemikian populer atau kreatornya saja yang punya terlalu banyak duit untuk dihabiskan memproduksi merchandise. Tapi saya suudzon. Menimbang popularitasnya, memang sudah waktunya Si Juki ini dihidupkan di dunia sinema.

Penanganannya tak main-main. Studio yang memproduksinya adalah Falcon Pictures (Comic 8, Warkop DKI Reborn) yang notabene cukup royal menggelontorkan dana. Pengisi suaranya mulai dari Indro Warkop, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Butet Kartaredjasa, sampai Jaja Mihardja. Slot tayangnya adalah akhir tahun yang biasanya merupakan lahan mengumpulkan jutaan penonton. Kapan lagi dapat animasi lokal se-high-profile ini di bioskop?

Sutradara Faza Meonk
Pengisi suara Faza Meonk, Bunga Citra Lestari, Indro Warkop


Bioskop Amerika sendiri bulan ini dipenuhi dengan film-film mentereng dari sineas top macam Steven Spielberg dengan The Post, Guillermo del Toro dengan The Shape of Water, Ridley Scott dengan All Money in the World, Alexander Payne dengan Downsizing, serta Paul Thomas Anderson dengan Phantom Thread yang katanya akan menjadi film terakhir bagi aktor Daniel Day-Lewis. Film-film lain calon kontender awards season termasuk The Disaster Artist garapan James Franco serta I, Tonya yang dibintangi oleh Margot Robbie. Film-film ini kemungkinan besar belum/tidak akan tayang di bioskop Indonesia.

Selain film-film yang saya sebutkan di daftar tadi, film-film lokal lain yang juga akan tayang bulan ini diantaranya Satu Hari Nanti garapan Salman Aristo; film terbaru Anggy Umbara, 5 Cowok Jagoan; serta Surat Cinta untuk Starla yang dibintangi Jefri Nichol.


Sekian rekomendasi film bulan ini. Jika ada film yang terlewatkan atau anda mempunyai rekomendasi yang tak saya cantumkan disini, silakan dimasukkan ke kolom komentar di bawah.

Jadi apa saja film yang akan anda tonton bulan ini? ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top