0

Event: Popcon Asia 2018

Festival budaya pop berskala internasional terbesar di Indonesia siap digelar pada akhir September nanti.

Sebagai penikmat film, terlebih yang menggandrungi semesta komik, anda tentu sudah tahu bahwa San Diego Comic-Con (SDCC) baru saja selesai digelar minggu lalu (22/7). Acara tahunan yang berlangsung selama 4 hari ini awalnya cuma berfokus pada buku komik serta film dan serial TV scifi. Namun seiring berjalannya waktu, ia berevolusi menjadi konvensi entertainment terbesar di dunia, sebuah event yang mewadahi berbagai aspek budaya pop, mulai dari film dan TV dari berbagai genre, animasi, anime, manga, novel, sampai mainan dan video games.

Nah, bagi yang belum tahu, Indonesia ternyata juga punya event yang serupa. Namanya Popcon Asia. Tapi mustahil anda tidak tahu sih, soalnya —hellaw— ini adalah event budaya pop berskala internasional terbesar di Indonesia. Apalagi tahun ini juga sudah memasuki tahun penyelenggaraannya yang ketujuh.

Baru-baru ini, panitia Popcon Asia yaitu Popcon Inc. menghubungi redaksi UlasanPilem dan meminta kami untuk menjadi media partner bagi acara tersebut. Yang artinya...

... UlasanPilem yang biasanya cuma blog remah-remah sepi obyekan sudah resmi naik kasta menjadi media profesional! Kalau bukan, tak mungkin dong digandeng oleh event sebesar Popcon. Mamam tuh, Rimbun News!

Maafkan saya. Maksudnya, ini berarti UlasanPilem resmi diberi kepercayaan untuk menghandel publikasi dan liputan mengenai acara Popcon Asia 2018 bersama media partner lain.

Popcon Asia atau Popcon Culture Convention Asia 2018 akan digelar pada September mendatang. Mengusung tema "Clash of Pop", acara tahun ini dipastikan lebih besar dan meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Soalnya, dari yang biasanya diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), kali ini akan mengambil tempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD yang notabene punya hall lebih luas.

Sebagaimana halnya dengan SDCC, Popcon juga akan diisi dengan rangkaian acara seminar, panel, workshop, preview, serta pemberian awards untuk berbagai kategori. Selain tentunya merayakan budaya populer bersama para penggemar, Popcon juga punya maksud untuk mendukung ekosistem industri kreatif dengan jalan memberi platform bagi para profesional, artist, dan kreator di bidang Industri kreatif, terutama komik, games, toys, film, dan animasi. Jadi nanti bakal ada wadah yang memfasilitasi networking dan kolaborasi antara kreator, brand, eksibitor, pemerintah, media dan stakeholder lainnya.

Beberapa konten khas yang nantinya akan hadir dalam Popcon Asia 2018 adalah Doodle Art Battle, board game Tabletopia, eksibisi Popconnect, Popcon Cosplay Challenge, serta Popcon Awards. Khusus untuk Popcon Cosplay Challenge, panitia telah menyiapkan hadiah senilai Rp 36 juta.

Acara ini juga untuk pertama kalinya akan menghadirkan panggung musik bertajuk #POPCONCERT yang menampilkan The AdamsGoodnight Electric, dan White Shoes and the Couples Company di hari terakhir penyelenggaraan.

Bagi yang cuma penikmat film, tak perlu risau. Sebab seperti lazimnya SDCC yang kerap dijadikan sarana promo film yang akan tayang, Popcon juga tak mau ketinggalan. Tentu saja, tak bakalan ada trailer Avengers: Infinity War Part 2 dong. Memangnya anda berekspektasi apa. Lha, SDCC saja gagal menggaet Marvel.

Tahun ini Popcon siap memposisikan diri menjadi wadah bagi para pelaku industri perfilman tanah air untuk bertemu dengan penonton dan juga para penggemar. Beberapa film yang akan hadir dengan materi promosi masing-masing, antara lain seperti Dreadout, Dear Nathan: Hello Salma, Foxtrot Six, dan Generasi Micin vs the World. Bahkan pihak panitia, yang diwakili oleh CEO Popcon, Yenny Wangsawidjaja akan mengekspansi slot Popcon Award —dari yang biasanya cuma untuk komik, video online, dan games— dengan menambahkan kategori Feature Film.

Ada 5 kategori yang dihadirkan oleh Popcon Award, dan berhubung Popcon adalah even untuk merayakan budaya pop, tentu saja kategorinya juga sangat pop dan berbeda dari awards lain. Lima kategori tersebut adalah Most Memeable Film, Idola Kawula, Best Duet, Best Horror, dan Best Product Placement. Beberapa judul film yang masuk nominasi diantaranya Dilan 1990, Pengabdi Setan, Ayat-Ayat Cinta 2, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Posesif, Yo Wis Ben, dan Sebelum Iblis Menjemput.

Selain film panjang, ada juga penghargaan untuk film pendek dan webseries dengan kategori yang, uhm, lebih serius, yaitu Rising Filmmaker, Memorable Character, dan Outstanding Web-Series. Kurator yang dihadirkan antara lain pendiri CinemaPoetica Jonathan Pasaribu, blogger "thefreakyteppy" Stephanie Josephine, serta film reviewer dari Detik Candra Aditya.

Bintang tamu lokal yang dihadirkan diantaranya Franki Indasmoro Sumbodo a.k.a. Pepeng Naif yang siap membawa komiknya, komikus si Juki Faza Meonk, kreator game Dreadout Rachmad Imron, dan desainer toys Paulus Hyu. Ada pula Monez Gusmang, ilustrator Indonesia pertama yang menjadi duta Apple, serta Ronny Gani, founder Bengkel Animasi yang pernah terlibat dalam film-film blockbuster Hollywood seperti Pacific Rim, Transformers: Age of Extinction, Warcraft, Ready Player One, dan Avengers: Infinity War.

Sementara itu, bintang tamu dari luar negeri antara lain Kael Ngu, ilustrator asal Malaysia yang mengerjakan kaver untuk komik Justice League dari DC Comics, serta Mico Suayan, komikus Filipina yang terlibat dalam penggarapan komik-komik Marvel.

Namun, bintang tamu yang barangkali paling seleb adalah penyanyi asal Jepang yang juga kerap menjadi seiyuuTetsuya Kakihara. Penggemar anime tentu sudah familiar dengannya, sebab ia pernah mengisi suara untuk karakter Natsu di Fairy Tail, Simon di Tengen Toppa Guren Lagann, Pegasus di Saint Seiya: Lost Canvas, Prompto di Final Fantasy XV, Toudou Jinpachi di Yowamushi Pedal, dll.

Kalau tahun lalu Popcon kedatangan Ranger Biru dari Power Rangers DinoCharge, maka tahun ini Popcon akan mengundang Ranger Merah dari film Power Rangers paling legendaris, Mighty Morphin Power Rangers. Siapa lagi kalau bukan Austin St John, si pemeran karakter Jason.

Bagi mayoritas anda yang simply ingin menghadiri event ini, atau mungkin sebagian lagi yang justru seperti saya —termasuk ke dalam golongan sobat kismin yang terlalu kere untuk pergi ke SDCC tapi berhasrat merasakan sensasi konvensi budaya pop sejenis— bisa langsung datang pada 22-23 September nanti ke ICE. Info selengkapnya silakan unduh POPCON Inc Apps (untuk Android dan iOS). Buat anak-anak yang tingginya di bawah 100 cm, masuk gratis.

Revisi: Artikel sebelumnya menyebutkan bahwa Popcon akan menampilkan aktor Wil Traval sebagai salah satu Popstar. Namun dikarenakan jadwal syuting yang tak bisa ditunda, Traval dengan berat hati harus membatalkan kehadirannya. ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem dan di instagram: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top