0

Rating Resmi ‘Venom’ Akhirnya Terungkap

Seiring tiket nonton 'Venom' mulai dijual di situs bioskop Amerika Serikat, terjawab sudah pertanyaan besar mengenai rating yang diusung film musuh besar Spider-Man.

Seiring tiket nonton Venom mulai dijual di situs bioskop Amerika Serikat, terjawab sudah pertanyaan besar mengenai rating yang diusung film musuh besar Spider-Man. Suka atau tidak, ternyata kita harus menerima kenyataan bahwa Venom resmi berating PG-13, bukan rating R yang selama ini diharapkan fans. Ini artinya, mereka yang berekspektasi Venom akan beraksi dengan penuh kebrutalan tampaknya harus gigit jari. Namun jika rating mainstream ini dikompensasi dengan kualitas film yang bagus, kenapa tidak?

Rating PG-13 yang disematkan pada Venom sejatinya tak begitu mengejutkan. Pasalnya, para bos Sony Pictures dikabarkan berniat untuk menghindari rating 17 tahun ke atas, dan ingin Venom jadi lebih ramah keluarga dengan rating PG-13. Mereka pun menilai film Venom seharusnya “mendobrak batas” konten PG-13 tanpa harus kebablasan masuk ke ranah rating R. Singkat cerita, Sony ingin Venom tak jadi film sadis, namun masih terasa intens. Jika kita renungkan, keinginan studio bukannya mustahil untuk diwujudkan. Sebab, selama ini ada film-film PG-13 yang serasa berating R. Sebut saja The Dark Knight, A Quiet Place hingga War for the Planet of the Apes. Film-film ini memang terasa brutal, namun penyajiannya tidak frontal. Pendekatan seperti inilah yang mungkin diterapkan sutradara Ruben Fleischer dalam mengemas adegan di Venom.

Alasan lainnya di balik rating PG-13 milik Venom, agar film-film spin-off Spider-Man yang hadir pasca Venom bisa konsisten mempertahankan imej ramah keluarga, yang selama ini telah melekat pada franchise Spider-Man. Karena itulah, jika Venom kelewat sadis, akan susah bagi studio untuk memasukkan karakter antihero/villain ini ke dalam film-film spin-off lain tanpa menemui kendala. Dengan kata lain, rating Venom ini juga untuk memuluskan ambisi studio untuk menciptakan cinematic universe sendiri. Disamping itu, rating ini juga bertujuan untuk membuka kesempatan Venom gabung Marvel Cinematic Universe, jika hal itu memungkinkan terjadi. Karena pada akhirnya, tidak mungkin jika di masa depan nanti Venom takkan bertemu Spider-Man Tom Holland, yang notabene resmi jadi bagian MCU.

Selain rating resmi, durasi Venom juga ikut terungkap, yakni 1 jam 52 menit. Film ini mengisahkan jurnalis Eddie Brock yang bergumul dengan parasit alien yang merasuki tubuhnya, dan di saat bersamaan, ia harus berhadapan dengan parasit alien lain yang mengubah inangnya jadi lebih besar dan kuat dibanding transformasi Eddie sebagai Venom. Selain menampilkan Tom Hardy sebagai karakter titel, Venom juga dibintangi Michelle Williams (Manchester by the Sea) dan Riz Ahmed (Rogue One: A Star Wars Story). Rencananya Venom akan dirilis 5 Oktober 2018.

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top