0

Box Office: 'Aquaman' Taklukkan 'Mary Poppins' dan 'Bumblebee'

Dalam kompetisi box office paling panas sepanjang 2018, 'Aquaman' dengan mudah mengungguli 'Mary Poppins Returns' dan 'Bumblebee'. Berikut rekap box office minggu ini.

Akhirnya kita sampai juga disini: pertarungan paling mematikan di box office sepanjang 2018. Tak kurang dari 5 film baru yang dirilis minggu ini. Semua dalam rangka mengambil momentum musim liburan, dimana hampir seluruh studio besar mencoba untuk berebut kue. Pengecualian adalah 20th Century Fox yang barangkali kecut lantas memilih untuk memundurkan Alita: Battle Angel ke bulan Januari. Dan ini belum termasuk beberapa film yang masih relatif perkasa sedari minggu lalu. Edan.

Warner Bros menawarkan film superhero DC Aquaman. Disney menghadirkan Mary Poppins Returns. Sementara Paramount memberikan satu lagi film Transformers yaitu Bumblebee. Dalam skala yang lebih kecil, Universal dan STX menyuguhkan masing-masing Welcome to Marwen dan Second Act.

Dengan padatnya kompetisi ini, tentu saja film-film tersebut saling mengkalibalisasi satu sama lain. Kesempatan untuk mendapatkan debut pemecah rekor menjadi hal yang mustahil. Meski begitu, ini tak otomatis menghentikan langkah mereka masing-masing untuk meraup laba memuaskan. Liburan masih panjang, sehingga kunci pentingnya sekarang adalah durabilitas. Buktinya, tahun lalu Jumanji 2 bisa sukses besar meski harus melawan Star Wars: The Last Jedi. Durabilitas performa kadangkala memang bisa bersaing besarnya ukuran.

*uhuk*

Oleh karena itu, masih terbuka kesempatan bagi Mary Poppins Returns dan Bumblebee yang minggu ini dikalahkan dengan telak oleh Aquaman. Jagoan DC tersebut dengan mudah menaklukkan keduanya dengan $67,4 juta. Jika dibandingkan dengan semua film DC, debut Aquaman merupakan debut terendah. Bahkan jauh lebih rendah dibanding Justice League ($93,8) yang sebelumnya memegang rekor tersebut. Namun, debutnya tentu saja bakal jauh lebih besar seandainya kompetisi box office tak sepanas ini.

Warner Bros pasti takkan kecewa, karena debut tersebut relatif besar. Angka segitu sudah cukup untuk menempatkan Aquaman di posisi 9 dalam 10 besar film rilisan Desember dengan debut terbesar sepanjang masa, berada di bawah The Lord of the Rings: The Return of the King ($72,6 juta). Ditambah pula dengan resepsi kritikus yang cenderung positif serta respon yang memuaskan dari penonton (CinemaScore "A-").

Gelombang yang lebih dahsyat dibuat Aquaman di luar Amerika. Sudah tayang hampir dua minggu lebih awal, ia telah mencatatkan pendapatan $410,7 juta dari 70 negara. Warner Bros melaporkan bahwa performa ini jauh lebih baik dibanding Batman v Superman (22%), Justice League (52%), dan Wonder Woman (86%). Lebih dari separuhnya ($232,8 juta) baru berasal dari Cina saja. Jika ditambahkan dengan debut domestik Amerika, maka total pendapatan globalnya sejauh ini sudah $482,8 juta.

Mary Poppins Returns memulai debut di posisi runner-up dengan $23,5 juta. Tidak besar, tapi hasilnya kurang lebih sesuai dengan ekspektasi Disney. Film ini start lebih awal dibanding Aquaman dan Bumblebee, yaitu sejak hari Rabu. Jika ditotal, debutnya menjadi $32,3 juta. Penonton memberikannya CinemaScore "A-".

Di luar Amerika, Mary Poppins Returns mendapat tambahan $20,3 juta dari 17 negara, sehingga total debut globalnya menjadi $53,8 juta. Sumbangan terbesar berasal dari UK ($9,4 juta), Itali ($2,8 juta), dan Prancies ($2 juta).

Menyusul tipis di bawah Mary Poppins Returns, ada Bumblebee dengan $21,6 juta. Betul, ini menempatkannya sebagai film dengan debut terendah dari semua film Transformers. Dan kita cuma bisa membayangkan bagaimana kalau seandainya ia tak harus bersaing dengan Aquaman. Tapi yang jelas, film ini merupakan film Transformers dengan resepsi paling bagus, baik dari kritikus (RottenTomatoes "93%") maupun penonton (CinemaScore "A-").

Bumblebee juga sudah tayang di 38 negara dengan meraup $31,1 juta. Total debut globalnya berarti adalah $52,7 juta. Ini tentu saja belum termasuk sumbangan dari Cina yang baru akan menayangkannya awal tahun depan. Indonesia menjadi penyumbang terbesar bersama Rusia dengan $4,9 juta masing-masing.

Ngomong-ngomong, ini kok film-film baru dapat CinemaScore "A-" semua?

Tidak juga sih. Second Act mendapat "B+". Film komedi-romantis yang dibintangi Jennifer Lopez ini sayangnya tak bisa masuk lima besar dengan debut yang hanya $6,5 juta. Tidak besar memang, tapi lumayan untuk ukuran film minor.

Yang paling naas adalah Welcome to Marwen, film terbaru dari Robert Zemeckis. Sudahlah dibantai kritikus, mendapat CinemaScore "B-", film dengan tampilan visual ambisius ini pun hanya mendapat debut $2,4 juta saja. Diproduksi dengan bujet mencapai $40 juta (belum termasuk biaya marketing, promo, dll), film ini diproyeksikan akan menderita kerugian hingga $60 juta. Aduh.

Riuhnya kompetisi di tiga besar membuat Spider-Man: Into the Spider-Verse harus rela jatuh ke posisi empat dengan $16,6 juta. Penurunannya yang mencapai 53,0% terbilang masuk akal mengingat persaingan dengan Aquaman dan Bumblebee yang bermain di demografi yang relatif sama.

Dalam dua minggu, ia sudah mengumpulkan $64,7 juta di Amerika dan $129,5 juta secara global (berkat tambahan $38 juta minggu ini dari 53 negara). $21,6 juta-nya berasal dari Cina, dimana ia menjadi film animasi Hollywood dengan debut terbesar keempat sepanjang masa—performa yang spektakuler mengingat dominasi besar Aquaman yang juga sedang berlangsung disana.

The Mule-nya Clint Eastwood berada di posisi lima dengan $9,5 juta. Dalam dua minggu, ia sudah mengumpulkan $35,2 juta.

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem dan di instagram: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

Weekend Box Office 21 Desember - 23 Desember 2018

1.

Aquaman
Minggu ini $67,400,000
Total $72,700,000

2.

Mary Poppins Returns
Minggu ini $23,523,121
Total $32,337,792

3.

Bumblebee
Minggu ini $21,654,047
Total $21,654,047

4.

Spider-Man: Into the Spider-Verse
Minggu ini $16,635,000
Total $64,735,063

5.

The Mule
Minggu ini $9,500,000
Total $35,203,465
Ulasan Weekend Box Office Minggu Sebelumnya: Box Office: 'Spider-Man: Into the Spider-Verse' Berayun Tinggi ■UP

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top