Part of the Journey is the End...


Kemarin, pembaca setia pasti sudah menyadari ada yang tidak beres dengan UlasanPilem. Blog ini tak lagi bisa diakses, dimana di alamat web hanya terpampang halaman kosong. Kemana semua postingan UP? Ada apa dengan UP? Apakah adminnya masih waras?

Well, saya pun tak tahu pasti apa yang terjadi. Semua awalnya normal-normal saja. Tidak ada yang aneh. Saya dan partner menulis saya melakukan tugas seperti biasa. Namun tiba-tiba saja, bak petir di siang bolong (meskipun saat itu sebetulnya adalah malam hari sih), semua tampilan UP menjadi amburadul. Header hilang, widget raib, kode html & javascript musnah. Yang tersisa hanyalah tulisan dengan posisi paragraf dan gambar yang berantakan serta arsip database yang ancur.

Singkat kata: Sh*t just happened. We're f*cked.

Saya sudah mencoba berbagai cara untuk mengembalikannya seperti semula, tapi pada akhirnya saya tahu bahwa semua sudah tak terselamatkan lagi. Saya kira tak usahlah dibeberkan detailnya, tapi yang jelas, we're f*ckingly f*cking f*cked. Hanya ada dua solusi: (1) memulai semua jauuuuuuh dari awal, atau (2) mencabut nyawa UP.

Dua pilihan yang sangat berat. Memulai dari awal tidaklah gampang buat saya. Sebagaimana yang anda tahu, saya tak punya ilmu web design yang mumpuni; apa yang saya terapkan di UP, saya lakukan lewat gugling dan coba-coba. Pembangunan UP adalah proses yang berjalan sejak awal UP berdiri dan terus berlangsung hingga sebelum tragedi ini datang. Saya tak bisa ujug-ujug melakukannya ulang dalam sekejap. Oleh karena itu, saya terpaksa memilih opsi kedua. Bagi saya pribadi, ini merupakan keputusan yang sangat berat. Namun ini mesti saya ambil.

UP harus berakhir, tapi takkan pergi sebelum mengucapkan apresiasi yang besar kepada anda, para pembaca.

Mendekati akhir 2014, saya memulai UlasanPilem sebagai sebuah blog personal yang hanya punya satu tujuan, yaitu menjadi jurnal nonton pribadi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pengunjung semakin ramai. Berkat dukungan dari pembaca yang cukup banyak, saya pun memberanikan diri untuk membawa UP "naik kelas" menjadi blog komersil.

Selama 5 tahun, banyak pasang surut yang dialami. Menjadi sebuah blog film independen tidaklah mudah di tengah besarnya bayang-bayang media entertainment yang sudah established sejak lama. Satu tahun pertama, bahan bakar untuk menjalankan blog hanyalah semangat semata. Akhir tahun kedua, operasional blog sudah bisa saya gantungkan terhadap komisi iklan. Meski begitu, kalau boleh jujur, blog ini bisa dibilang tak pernah untung. Komisi iklan bahkan tak cukup untuk menutupi semua tiket bioskop yang pernah saya beli demi menulis review. Ajaibnya, UP mampu bertahan hingga tahun kelima.

Namun, tak setiap cerita asem semua. UP juga menjalani masa-masa indah. Pertama, saya mendapat wadah yang tepat untuk memuncratkan hobi saya ngobrolin film. Dari sisi komersil, beberapa kali UP pernah diajak untuk bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti promotor event dan aplikasi ticketing. UP bahkan pernah ditawarkan menjadi media partner dari POPCON Asia, salah satu event pop culture terbesar di Indonesia. UP juga pernah mendapat kehormatan untuk bergabung di komunitas Indonesian Film Critics (IDFC) yang menaungi berbagai kritikus dan blogger film lokal.

Di atas semua itu, pencapaian paling besar sebetulnya adalah bagaimana saya mendapat teman-teman baru via UP. Pertengahan 2017, saya berjumpa dengan Naufal Sinatrya (via dunia maya sih, belum pernah kopdar), yang kelak kita kenal sebagai news writer andalan di UP. Mas Naufal adalah penulis yang tekun, telaten, dan sangat berdedikasi. Oh, dan teman ngobrol yang baik. Sungguh merupakan hal yang sangat berat untuk melepaskan yang bersangkutan. Saya tak habis pikir kok bisa saya mendapatkan penulis sekompeten ini untuk blog saya yang cuma blog ampas. Lewat postingan ini, saya sekalian ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya karena sudah mau berjuang bersama saya.

Terakhir, tentu saja apresiasi terhadap anda semua, para pembaca. Bertahun-tahun ngeblog, saya sadar bahwa UP adalah blog yang eksis dan bertahan berkat pembaca. Saya sangat berterima kasih atas semuanya. Dukungan anda sangat luar biasa. Setiap view, setiap komentar, setiap kritik, setiap email, sangat membesarkan hati. Tanpa anda, UP hanyalah sebuah blog ampas dengan ulasan ampas. Dengan anda, UP menjadi blog legit walau ulasannya masih ampas. Saya tak menyangka bagaimana sebuah blog pribadi bisa berubah menjadi blog entertainment yang hqq, dengan ribuan kunjungan setiap harinya.

Melihat ke belakang, saya bersyukur telah melewati perjalanan yang luar biasa ini. Masih banyak mimpi yang harus diwujudkan. Namun untuk sekarang, UP harus mengucapkan selamat tinggal. Perjalanan ini harus berakhir. Terima kasih telah bertualang bersama UP sejauh ini. Semoga kita dapat berjumpa lagi dalam petualangan-petualangan berikutnya.




I Love You 3000,



Teguh Raspati
~ Admin UP ~