0

Komikus Ternama akan Tulis Film Live-Action ‘Gundam’

Proyek film ‘Gundam’ akhirnya bisa mulai dikembangkan secara intensif berkat kedatangan Brian K. Vaughan sebagai penulis skrip dan produser eksekutif.

Menyusul Pokemon, Legendary siap memfilmkan franchise asli Jepang lainnya yang tak kalah populer, yakni Mobile Suit Gundam. Dengan format live-action, film Gundam telah diumumkan sejak 2018, dan kini proyek tersebut akhirnya bisa mulai dikembangkan secara intensif berkat kedatangan Brian K. Vaughan sebagai penulis skrip dan produser eksekutif.

Bergabungnya Vaughan tentu saja membuat film Gundam terlihat menjanjikan. Pasalnya, ia adalah komikus ternama yang dikenal lewat seri komik Y: The Last Man, Ex Machina dan Runaways. Kualitas komik Vaughan yang gemilang pun mengantarkannya jadi pemenang 14 trofi Eisner Awards, sebuah penghargaan untuk insan perkomikan yang setara dengan Academy Awards.

Vaughan juga pernah menulis naskah serial TV Lost dari season ketiga sampai season kelima, dimana untuk season keempat Vaughan menyabet nominasi WGA Award untuk kategori Best Dramatic Series. Dengan tangan dinginnya, Vaughan pun diharapkan dapat menghadirkan cerita dan karakter yang berkesan untuk Gundam, sehingga filmnya tak berakhir jadi arena pertempuran mecha yang dangkal dan mudah dilupakan.

Pertama tayang tahun 1979, anime Gundam bersetting di era Universal Century, dimana manusia bermigrasi ke luar angkasa untuk membangun koloni, menyusul terjadinya ledakan populasi di Bumi. Namun keberadaan koloni luar angkasa ini justru melahirkan masalah yang lebih besar. Tak mau lagi dikekang aturan ketat yang berlaku di koloni, manusia pun akhirnya memberontak dan memulai perang melawan manusia dari Bumi demi mengembalikan hak kebebasan. Pertempuran dahsyat ini semakin destruktif seiring kehadiran mecha canggih dan mematikan yang dijuluki Mobile Suits.

Sepanjang kiprahnya di dunia hiburan, franchise Gundam telah menelurkan banyak anime, film animasi, action figure, buku hingga video game. Saking populernya, sineas top Steven Spielberg pun sampai menampilkan Gundam sebagai cameo di film besutannya, Ready Player One. Gundam juga dinilai menginspirasi pembuatan Pacific Rim, film produksi Legendary yang juga menyajikan aksi robot raksasa yang dikemudikan pilot untuk bertempur.

Franchise Gundam sendiri akan genap berumur 40 tahun pada bulan April 2019. Tak menutup kemungkinan, dalam perayaan ulang tahun ini akan terungkap lebih banyak detail seputar film live-action Gundam, mulai dari cerita, sutradara dan pemain. Untuk saat ini film Gundam belum menetapkan tanggal rilis.

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top