0

Trivia Time: 'Captain Marvel'

Tahukah anda bahwa Brie Larson berlatih beladiri selama 9 bulan untuk perannya sebagai jagoan baru Marvel? Itu dan berbagai trivia lain mengenai 'Captain Marvel' dapat anda temukan disini.

Terkadang cerita di belakang layar tak kalah seru dari apa yang kita saksikan di layar. Oleh karena itu, hadirlah rubrik santai & gak penting 'Trivia Time' untuk memuaskan dahaga anda akan fakta-fakta menarik mengenai produksi sebuah film. Ini bisa menambah wawasan sekaligus mengisi waktu luang anda. Dan (yang paling penting) bisa dipakai buat pamer ke teman-teman. Ayo buat mereka terjungkal dengan khazanah perfilman anda!

  • Captain Marvel adalah film ke-21 dalam Marvel Cinematic Universe (MCU).

  • Film ini merupakan film MCU pertama yang menampilkan superhero wanita sebagai karakter utama. Tahun lalu memang ada Ant-Man and the Wasp, tapi sebagaimana judulnya, The Wasp kan duet dengan pasangannya yang adalah superhero cowok.

  • Film ini menandakan film MCU pertama yang digarap oleh sutradara wanita, Anna Boden, walau ia sebetulnya tandem dengan Ryan Fleck. DC Extended Universe lebih unggul, karena sudah jadi pionir duluan lewat Wonder Woman.

  • Sutradara wanita memang ditargetkan khusus untuk menangani film ini. Beberapa sutradara yang sempat dipertimbangkan adalah Jennifer Yuh Nelson, Ava DuVernay, Emily Carmichael, Rebecca Thomas, Jennifer Kent, Rachel Talalay, Niki Caro, Lesli Linka Glatter, dan Lorene Scafaria.

  • Pinar Toprak adalah komposer wanita pertama yang menangani score film MCU.

  • Merupakan film MCU pertama yang dirilis setelah wafatnya sang legenda Marvel Comics, Stan Lee. Meski begitu, seperti biasanya film-film Marvel yang lain, ia tetap muncul sebagai cameo karena pengambilan gambar sudah dilakukan sebelum kematiannya. Kabarnya, Avengers: Endgame akan menjadi cameo terakhirnya.

  • Meski mengambil waktu (serta dirilis) sebelum Avengers: Endgame, Captain Marvel sebetulnya diproduksi setelah film tersebut.

  • Captain Marvel sempat akan ditampilkan dalam Avengers: Age of Ultron. Namun bos besar Marvel, Kevin Feige bilang bahwa "waktunya belum tepat".

  • Feige juga sempat bilang bahwa Captain Marvel adalah "karakter terkuat dalam MCU sejauh ini".

  • Sebelum menjadi milik Brie Larson, peran Captain Marvel/Carol Danvers sempat dipertimbangkan untuk Katheryn Winnick, Yvonne Strahovski, Natalie Dormer, Rebecca Ferguson, Katee Sackhoff, dan Emily Blunt. Khusus Blunt, ia sebelumnya juga sempat ditawarkan peran sebagai Natasha Romanoff dalam Iron Man 2 dan Peggy Carter dalam Captain America: The First Avenger.

  • Untuk mempersiapkan diri, Brie Larson berlatih selama 9 bulan dengan mempelajari judo, tinju, dan gulat. Yaa walau akhirnya gak keliatan banget juga sih di film.

  • Larson juga sempat mengunjungi Markas Nellis Air Force dan berkonsultasi dengan pilot Brigjen Jeannie Leavitt dan Mayor Stephen Del Bagno. Del Bagno beserta satu rekannya, Matthew Kimmel tampil sebagai cameo dengan memerankan diri sendiri.

  • Keanu Reeves hampir menjadi Yon-Rogg. Namun karena komitmennya di film John Wick: Chapter 3 – Parabellum *sujud syukur*, peran tersebut pun jatuh kepada Jude Law.

  • Karena mengambil waktu di tahun 90an, film ini menampilkan Nick Fury dan Agent Coulson yang masih relatif muda. Namun dikarenakan Samuel L Jackson sudah berumur 69 tahun, Clark Gregg sudah berumur 56 tahun, dan mesin waktu belum ditemukan, maka Marvel menggunakan CGI untuk membuat mereka tampak lebih muda. Sebelumnya, mereka juga pernah melakukan ini dalam Ant-Man, Captain America: Civil War, dan Guardians of the Galaxy Vol 2. Namun belum pernah ada yang sepanjang (dan barangkali sekompleks) di Captain Marvel.

  • Efek spesial untuk sihir muda tersebut digarap oleh studio Lola VFX. Sementara efek visual secara keseluruhan ditangani keroyokan oleh Animal Logic, Cantina Creative, Digital Domain, Framestore, Industrial Light & Magic, Luma Pictures, RISE, Rising Sun Pictures, Scanline VFX, dan Trixter.

  • Ben Mendehlson punya peran ganda. Yang pertama adalah sebagai bos Nick Fury. Disini, ia menggunakan aksen Amerika. Berikutnya adalah sebagai alien dari Kree, Talos. Dibalut dengan kostum full alien, ia menggunakan aksen kampung halamannya Australia.

  • Carol Danvers ternyata bukan satu-satunya Captain Marvel. Ia bahkan bukan Captain Marvel ori. Predikat tersebut adalah milik Walter Lawson alias Mar-Vell. Mar-Vell adalah alien asli dari planet Kree yang memutuskan untuk berkarir sebagai pahlawan bumi. Keputusan yang keliru karena ia kemudian tewas karena kanker yang didapat setelah pertarungan melawan villain bernama Nitro.

  • Setelah itu legasi Captain Marvel turun kepada Carol? Eits, tunggu dulu. Captain Marvel kedua adalah Monica Rambeau, seorang manusia tulen yang punya kekuatan memanipulasi energi. Setelah memberikan nama Captain Marvel kepada yang lebih berhak, ia beraksi dengan identitas baru, mulai dari Photon, Pulsar, hingga Spectrum. Menariknya, di dalam film Captain Marvel, Monica adalah anak dari Maria Rambeau, rekan sesama pilotnya Carol.

  • Nama Captain Marvel baru akan menjadi milik Carol setelah diturunkan ke Genis-Vell dan Phyla-Vell (anak-anak Mar-Vell), Khn'nr, dan Noh-Varr. Sebelumnya, Carol lebih dikenal sebagai Ms Marvell. Ia baru menjadi Captain Marvel di komik rilisan tahun 2012.

  • Penulis komik yang berperan menjadikan Carol menjadi Captain Marvel tersebut, Kelly Sue DeConnick muncul sebagai cameo di dalam film. Ia tampil sebagai salah satu penumpang kereta yang punya rambut merah.

  • Nah, Captain Marvel-nya Marvel ternyata juga bukan Captain Marvel. Captain Marvel pertama adalah milik rival Marvel, DC Comics. Nama aslinya Billy Batson, seorang anak yang punya kemampuan untuk berubah menjadi superhero dewasa setelah meneriakkan sebuah mantra. Ia lebih dulu diciptakan daripada Captain Marvel-nya Marvel. Setelah ribut-ribut di meja hijau, DC harus melepaskan merek tersebut karena yang berhak menggunakannya secara ekslusif adalah Marvel. Billy Batson pun berubah nama menjadi Shazam. Filmnya sendiri akan tayang sebulan setelah Captain Marvel.

  • Dasar jahil, Marvel sempat-sempatnya menyindir "Captain Marvel"-nya DC dalam film ini. Saat memilih warna kostum baru Captain Marvel, salah satu skema warna yang numpang lewat adalah merah-kuning, yang merupakan skema warna kostum Shazam. Carol kemudian bilang bahwa warna ini "gak bagus ah".

  • Film ini menampilkan kucing yang sangat mencuri perhatian. Dalam komik, Carol juga punya kucing peliharaan yang diberi nama sama dengan salah satu karakter ikonik dari Star Wars, Chewie. Dalam versi film, kucingnya berganti nama menjadi Goose, yang merupakan referensi terhadap karakter Goose Bradshaw dari film Top Gun.

  • Goose diperankan oleh 4 kucing aktor profesional yang bernama Reggie, Rizzo, Gonzo, dan Archie. Masing-masing kucing memerankan adegan sesuai dengan aksi dan kepribadian mereka.

  • Ribetnya, Brie Larson ternyata alergi dengan kucing. Oleh karena itu, setiap adegan dimana Larson harus berinteraksi dengan kucing, dibuat dengan menampilkan boneka kucing atau CGI. ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem dan di instagram: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top