0

Trailer Perdana 'Joker'

Anak Mama berubah menjadi Pangeran Badut Kriminal dalam trailer perdana 'Joker'.

Saat melihat status DC Extended Universe (DCEU) beberapa tahun yang lalu, wajar jika kita prihatin. Universe-nya gagal terbangun dengan solid, bahkan even terbesarnya dalam wujud Justice League melempem dengan spektakuler. Hanya ada Wonder Woman yang nyelip sebagai pelipur lara. Untungnya, Aquaman dan (mungkin) Shazam! datang sebagai penyelamat. Namun, film yang punya kesempatan paling besar untuk menempeleng haters barangkali adalah film origin soal villain komik yang paling ikonik: Joker.

Film ini akan mengambil semesta yang berbeda dengan film-film DCEU sebelumnya. Mungkin ini adalah manuver yang bagus, seiring dengan usaha Warner Bros dan DC untuk memulai lembaran baru dengan properti superhero mereka. Sang pemeran Joker, Joaquin Phoenix bilang bahwa film ini mengambil pendekatan film indie berbujet murah alih-alih film blockbuster. Dan trailernya memang mengindikasikan hal tersebut.

Tak ada ledakan, tak ada pertarungan bombastis. Trailer ini bermain lebih seperti drama. Di awal, kita melihat Arthur Fleck (Phoenix) yang sangat dekat dengan ibunya. Arthur bilang bahwa sang ibu mengajarkannya untuk selalu tersenyum. Namun, dunia nyata itu kejam. Saat sedang bekerja memakai kostum badut, anak-anak bandel mengerjainya. Ketika ia tertawa terbahak-bahak di dalam kereta, giliran preman yang menghajarnya.

Di satu titik, kita melihatnya mengunjungi rumah sakit jiwa Arkham. Tapi sepertinya bukan sebagai pasien, walau salah seorang perawat (Brian Tyree Henry) sudah mulai mengawasinya. Pada akhirnya, Arthur menggila di jalanan dengan kostum ungu dan rambut hijaunya yang ikonik. Entah sudah menjadi Joker sepenuhnya atau belum. Yang jelas, makeup-nya berbeda dengan Joker-joker yang lalu.

"Aku selalu berpikir hidupku adalah tragedi," katanya. "Namun sekarang aku sadar kalau itu adalah komedi."

Memerankan karakter Joker pasca penampilan legendaris Heath Ledger di The Dark Knight, terdengar seperti hal yang mustahil. Namun Joaquin Phoenix adalah salah satu aktor paling menarik di era kita. Ia sering memainkan peran intens yang menyerempet sinting, sehingga secara teori sudah ngeklik dengan karakteristik Joker. Ditinjau dari trailer, Phoenix relatif berhasil mengeksekusi pembawaan dan mood yang tepat untuk seorang Joker. Ia bahkan cukup berkomitmen dengan perannya sampai rela menurunkan berat badan hingga terlihat sangat ceking.

Ikut bermain Robert De Niro, Frances Conroy, dan Zazie Beetz. Sutradaranya sendiri adalah Todd Phillips yang lebih kita kenal sebagai orang yang membuat trilogi The Hangover. Tapi ini bukan pertama kalinya ia menggarap film yang serius, karena sebelumnya sudah ada War Dogs.

Joker direncanakan rilis pada 4 Oktober. Berikut trailernya. ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem dan di instagram: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem


0 komentar:

Post a Comment

Back to Top