0

Lucasfilm Sinyalkan akan Berhenti Buat Film Spin-Off ‘Star Wars’

Pasca dua film spin-off yang hit and miss, Lucasfilm tampaknya urung melanjutkan rencana mereka untuk membuat film spin-off berbasis karakter penting ‘Star Wars’.

Usaha pertama Lucasfilm dalam membuat film spin-off Star Wars berbuah manis dengan Rogue One: A Star Wars Story. Namun di spin-off berikutnya Solo: A Star Wars Story, studio ini justru menuai banyak kritik lantaran kisah asal-usul Han Solo yang dinilai terlalu medioker. Belum lagi, performa Solo di box office juga jauh dari impresif, seiring ia jadi film Star Wars dengan pendapatan terendah. Berangkat dari hasil dua film spin-off yang hit and miss ini, Lucasfilm tampaknya urung melanjutkan rencana mereka untuk membuat film spin-off berbasis karakter penting Star Wars. Langkah ini pun terindikasi lewat pernyataan Kathleen Kennedy selaku pimpinan Lucasfilm.

Kepada Vanity Fair, Kennedy mengatakan Disney – induk perusahaan Lucasfilm – sebenarnya punya ekspektasi lebih terhadap film-film spin-off. Namun di sisi lain, Disney juga sangat menghormati franchise Star Wars, dan menyadari betul akan pentingnya storytelling. Menurut Kennedy, studio bersikap demikian karena Star Wars begitu berarti bagi fans, sehingga filmnya tak bisa dibuat dengan pendekatan ala Marvel yang bebas memfilmkan karakter yang diinginkan. Oleh karenanya, Kennedy menyatakan film spin-off Star Wars harus berubah haluan ke arah yang berbeda. Pengakuan Kennedy inilah yang disinyalir akan menjadi akhir dari eksistensi film spin-off Star Wars.

“(Dalam membuat film spin-off Star Wars) anda tak bisa melakukan apa yang Marvel lakukan, dimana anda tinggal mengangkat karakter dan membangun franchise dengan karakter tersebut. Ini (pendekatan film spin-off Star Wars) perlu diubah,”ujar Kennedy.

Kini status dua spin-off yang tengah dikembangkan, yakni film Obi-Wan dan film Boba Fett, jadi dipertanyakan. Kalaupun nantinya dua spin-off ini ternyata tetap dibuat, ada kemungkinan konsep ceritanya akan jauh berbeda dengan awal proses pengembangan.

Sementara itu, Lucasfilm sedang fokus mempersiapkan Star Wars: The Rise of Skywalker, dimana film yang akan tayang 20 Desember ini jadi penutup trilogy The Force Awakens, trilogy original A New Hope dan trilogy prekuel The Phantom Menace. Adapun studio juga mengembangkan dua trilogy baru yang terpisah dari saga Skywalker. Trilogy ini sendiri dibesut Rian Johnson (sutradara The Last Jedi), dan yang satunya ditangani David Benioff dan D.B. Weiss (duo kreator Game of Thrones).

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top