0

Tanggapan Sutradara ‘Dark Phoenix’ Soal Performa Mengecewakan Filmnya

Simon Kinberg memberikan tanggapan soal kegagalan ‘Dark Phoenix’.

Pengalaman panjang Simon Kinberg dalam menulis dan memproduseri film-film X-Men rupanya tak menjadi jaminan Dark Phoenix akan sukses. Sebaliknya, film X-Men yang menandai debut penyutradaraan Kinberg ini malah jadi bulan-bulanan kritikus, dan dinilai sebagai salah satu seri terburuk dalam franchisenya. Tak berhenti sampai disitu, performa Dark Phoenix juga melempem di box office, hingga ia diprediksi akan jadi film X-Men dengan pendapatan terendah. Saat menghadiri acara KCRW, Kinberg pun memberikan tanggapan soal kegagalan filmnya.

Respon Kinberg sendiri cukup sederhana, yakni Dark Phoenix adalah contoh film yang tidak menarik bagi audiens yang tak menontonnya. Kalaupun ada yang menonton, Kinberg menilai Dark Phoenix kurang mampu meninggalkan kesan kuat. Kinberg juga menambahkan, perubahan tanggal rilis dan transisi studio dari Fox ke Disney jadi dua dari sekian banyak isu yang berpengaruh pada hasil negatif Dark Phoenix.

Kegagalan Dark Phoenix dirumorkan berawal dari perbedaan visi Kinberg dan Fox. Tak ingin mengulang kesalahannya di The Last Stand (yang notabene juga mengadaptasi komik Dark Phoenix), Kinberg sejatinya hendak membagi Dark Phoenix jadi dua film, agar kisah Jean Grey yang berubah jadi jahat dapat diceritakan dengan detail. Sayangnya, visi Kinberg tak direstui Fox, dan studio ini meminta Dark Phoenix cukup dijadikan satu film saja. Kinberg pun akhirnya merombak skrip, dan perubahan inilah yang disinyalir menyebabkan proses syuting ulang Dark Phoenix berlangsung cukup lama.

Apapun yang terjadi, di balik nasib sial yang dialami Dark Phoenix, Kinberg tetap berpikir positif. “Saya senang bisa membuat filmnya. Saya juga senang bisa berkolaborasi dengan orang-orang yang terlibat di dalamnya,”tutur Kinberg. Lebih jauh lagi, ia juga tak sabar melihat langkah Marvel Studios terhadap franchise X-Men.

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top