0

Petinggi Venice Film Festival Prediksi ‘Joker’ akan Tembus Oscar

Seorang petinggi Venice Film Festival mensinyalkan bahwa ‘Joker’ akan berbicara banyak di awards season.

Trailer Joker mengindikasikan bahwa film tentang asal-usul villain ikonik DC akan punya kualitas di atas rata-rata. Kini muncul pernyataan dari seorang petinggi Venice Film Festival yang semakin meyakinkan kita bahwa Joker akan berbicara banyak di awards season.

Melalui wawancaranya dengan Variety, Alberto Barbera selaku artistic director di Venice Film Festival memprediksi Joker akan menembus Oscar. Selesai menyaksikan film arahan Todd Phillips ini, Barbera mengakui Joker adalah film paling mengejutkan yang ditonton panitia VFF tahun ini. Biarpun film yang dibintangi Joaquin Phoenix ini punya cerita yang getir, kelam dan keras, Barbera tetap percaya Joker akan lolos seleksi Oscar karena film ini, diakuinya, memiliki ambisi dan kedalaman cerita yang luar biasa. Melihat kualitas gemilang Joker, Barbera pun tak heran jika Warner Bros. berani memutar perdana filmnya di event bergengsi seperti Venice Film Festival pada Agustus, dan Toronto Film Festival pada September.

Joker sendiri mengusung cerita original alias tidak mengadaptasi komik. Kehidupan getir dari Arthur Fleck (Phoenix), komedian tahun 80-an yang kerap di-bully, disebut menjadi studi karakter kelam tentang penderita gangguan jiwa. Phoenix pun menggambarkan Joker akan lebih terasa seperti film indie low budget, alih-alih film adaptasi komik berskala besar. Lebih dari itu, Joker dipastikan akan berating R dan tak terkait dengan DC Extended Universe.

Belum lama ini Phillips juga sempat mengingatkan, cerita original yang ditawarkan Joker mungkin akan membuat fans DC meradang. Bagaimanapun, bila Joker memang sebagus yang diklaim Barbera, perubahan seradikal apapun untuk karakter titel sepertinya bukan lagi jadi masalah besar, apalagi jika filmnya berhasil menyabet nominasi Oscar.

Rencananya Joker akan tayang di bioskop pada 4 Oktober 2019.

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top