0

Review Film: 'Angel Has Fallen' (2019)

'Angel Has Fallen' menawarkan sesuatu yang berbeda. Namun berbeda tak selalu berarti lebih baik.

“It is our moments of struggle, that define us.”
— Allan Trumbull
Rating UP:
11-12. Atau, biar lebih keren, pakai istilah bule: tomato-tomato. Angel Has Fallen punya cukup pembeda dengan Olympus Has Fallen dan London Has Fallen, tapi kita juga takkan dibuat keliru saat ingat bahwa ini adalah kali ketiga Gerard Butler menyelamatkan Presiden Amerika. Semua adalah film yang pada dasarnya sama, hanya setting-nya saja yang diganti. Jadi dimana sekarang? Los Angeles? Bangkok? Puebla? Syukurnya bukan. Saat saya mulai khawatir Gerard Butler akan berkeliling di semua kota besar di dunia, Angel Has Fallen menawarkan sesuatu yang berbeda. Namun berbeda tak selalu berarti lebih baik.


Yang "jatuh" kali ini bukan kota. Alih-alih karakter Gerard Butler sendiri, paspampres supertangguh Mike Banning. Ia menjadi buronan gara-gara dicurigai sebagai konspirator dalam rencana pembunuhan presiden Allan Trumbull (Morgan Freeman). Ngomong-ngomong, terakhir kali kita melihat Trumbull, ia masih menjadi wakil presiden, sekarang ia sudah naik jabatan. Karena ini adalah film "BlaBla Has Fallen", maka nyawa presiden juga harus terancam. Dan begitulah. Mike harus berusaha menyelamatkan dirinya sembari menyelamatkan presiden.

Namun sebelumnya, kita melihat dulu Mike berbincang bersama sahabatnya (Danny Huston) soal peluang menjadi pegawai kantoran. Buat Mike, jadi pegawai kantoran itu cemen. Bodoamat sekarang ia sudah punya anak. Meski begitu, presiden Trumbull sudah berencana mendudukkannya di belakang meja. Namun sebelum tawaran ini disampaikan, acara memancing presiden Trumbull diserbu dengan belasan drone yang berkamikaze, mengakibatkan belasan mayat berterbangan di tengah ledakan. Kecuali Mike... dan presiden... yang diselamatkan Mike.

Presiden koma. Mike ditangkap. FBI terlibat. Bukti di TKP mengindikasikan Mike bersalah. Konon ia diduga berkonspirasi dengan Rusia. Wakil presiden (Tim Blake Nelson) mengambil alih posisi presiden dan siap menyerbu balik. Sementara Mike berhasil kabur dan mencari cara untuk membersihkan namanya sekaligus memberangus siapa pun yang sudah melakukan aksi teror ini.

Sebetulnya saya menyukai setup-nya. Tak peduli ini nyontek premis The Fugitive, Die Hard, dsb. Skrip bahkan memberikan sentuhan menarik bagi karakter Butler; ia sudah tak setangguh dulu. Sekarang sering sakit pinggang dan susah tidur. Biasalah penyakit standar oom-oom. Namun sentuhan ini, dan basically semua sentuhan menarik di setup-nya di lempar keluar jendela saat filmnya sudah memasuki mode aksi. Sakit pinggang Mike sembuh dalam sekejab saat menyopir truk trailer, memutus borgol, atau menembakkan peluru. Puji Tuhan.

Tak ada yang menonton film "BlaBla Has Fallen" untuk melihat perkembangan karakter. Namun menyenangkan juga menemukan nama-nama menarik bermain di sini. Kita mendapati Lance Reddick sebagai kepala paspampres, Piper Perabo sebagai istri Mike, dan Jada Pinkett Smith sebagai agen FBI. Yang paling atraktif adalah Nick Nolte yang bermain sebagai ayah Mike, mantan tentara yang kini hidup menyendiri di hutan. Penampilan dan dialognya menunjukkan bahwa ia tahu sedang bermain di film apa. Sayangnya, filmnya sendiri tak sadar akan hal ini. Ia terlalu serius membawakan konflik dan isu sosiopolitis di tengah cerita yang over-the-top.

Editing hiperaktif dan shaky-cam sudah menjadi pakem franchise ini, jadi saya takkan komplain soal bagaimana Ric Roman Waugh dengan mulus mengikuti jejak dua sutradara sebelumnya. Tapi boleh gak sih kita diberikan sekuens aksi yang tidak ketulungan generiknya? Adegan laga tangan kosong dan tembak-tembakannya terasa menjemukan. Adegan klimaksnya berlangsung di lobi sebuah gedung bertingkat yang kosong. Payah. Ayolah teroris; kayaknya kalian lebih pinter dan canggih. Teroris dari dua film sebelumnya memberikan aksi yang lebih sensasional. ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem dan di instagram: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

Angel Has Fallen

121 menit
Dewasa
Ric Roman Waugh
Robert Mark Kamen, Matt Cook, Ric Roman Waugh (screenplay), Creighton Rothenberger, Katrin Benedikt (cerita)
Gerard Butler, Alan Siegel, Matt O'Toole, John Thompson, Les Weldon, Yariv Lerner
Jules O'Loughlin
David Buckley

©

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top