0

Penulis 'Crazy Rich Asians' Mundur dari Sekuel karena Gaji

Salah satu penulis 'Crazy Rich Asians' tak lagi akan menggarap sekuelnya dikarenakan konflik perbedaan gaji.

Saat sebuah film yang tak diduga ternyata meledak di pasaran, maka logika studio adalah membuatkannya sekuel. Logika dari kru dan pemain yang terlibat, mereka akan mendapatkan kenaikan gaji. Namun rupanya tak demikian dengan salah satu kru Crazy Rich Asians. Hal ini malah sampai menyebabkannya mengundurkan diri.

Sebagaimana diberitakan oleh HollywoodReporter, salah satu penulis Crazy Rich Asians, Adele Lim memutuskan untuk mundur dari sekuelnya. Perkaranya adalah perbedaan gaji. Rekan penulisnya, Peter Chiarelli dikabarkan mendapat gaji antara $800 ribu hingga $1 juta, sedangkan Lim hanya ditawarkan $110 ribu saja.

Reprentasi dari Warner Bros berdalih bahwa perbedaan gaji ini disebabkan murni karena perbedaan pengalaman. Chiarelli dianggap lebih senior dibanding Lim. Ini sudah standar Hollywood dan mengubah peraturan bisa memberi preseden buruk. Lim sendiri merasa bahwa penyebabnya adalah perbedaan nilai gender di industri film.

Berita juga menyebutkan bahwa pasca pengunduran diri Lim, Warner Bros segera mencari penulis keturunan Asia lain untuk menggantikannya. Namun setelah lima bulan, mereka harus kembali ke Lim. Kali ini dengan tawaran yang lebih baik, dimana Chiarelli setuju membagi gajinya dengan Lim. Lim kembali menolak.

"Pete sangat baik, tapi gajiku seharusnya tak bergantung pada kemurahan hati penulis kulit putih pria," komentar Lim. "Kalau aku tak bisa mendapatkan gaji yang setara setelah 'CRA', aku tak bisa membayangkan bagaimana dengan orang lain, melihat bahwa standar nilai dirimu adalah punya 'quotes' dari film sebelumnya yang mana tak mungkin wanita dengan kulit berwarna ditunjuk untuk menanganinya. Ini bukan cara yang realistis untuk mencapai kesetaraan."

Untuk kalimat terakhir, Lim barangkali merujuk kepada film The Proposal (yang digarap Chiarelli) yang memang cukup sukses di masanya. Film tersebut merupakan satu dari hanya dua filmografi Chiarelli (satu lagi adalah Now You See Me 2). Di lain sisi, Adele Lim sebelumnya memang hanya berkancah di serial TV. Namun, karirnya sudah merentang sejak tahun 2000.

Dua sekuel Crazy Rich Asians, yaitu China Rich Girlfriend dan Rich People Problems kabarnya akan diproduksi secara back-to-back. Saat ini, keduanya masih di tahap awal pengembangan di tangan Chiarelli dan sutradara Jon M. Chu. Syuting paling cepat dimulai akhir 2020. ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top